Harian Blora menerima rilis tulisan baik berupa berita, juga opini, cerpen dan puisi. Naskah silahkan kirim ke redaksiharianblora@gmail.com

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Wednesday, 30 November 2016

Khasiat Jantung Pisang untuk Kesehatan

Ilustrasi: Jantung pisang (foto: belanjaalkes.com).
Oleh Ade Irma Safitri Widyasari
Penulis merupakan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Undip 2016 

Masyarakat mana yang tidak mengenal buah pisang, dan bagaimana bentuk pohonya, kita ketahui pohon pisang memiliki bunga berwarna merah atau yang biasa disebut dengan jantung pisang, orang Jawa biasa menyebutnya dengan onthong. Jantung pisang ini biasa dipotong untuk membantu pohon pisang agar bisa tumbuh dengan optimal.

Banyak masyarakat yang hanya membiarkan jantung pisang itu begitu saja, karena masyarakat memandang jantung pisang itu tidak bermanfaat dan merupakan pangan kelas rendah. Namun tahukah ternyata dibalik itu jantung pisang memiliki beberapa kandungan seperti Favonoid, Fosfor, Protein, Mineral, Kalsium, Vitamin B1, Vitamin C, Serat cukup tinggi, Zat besi, dan Yodium yang bermanfaat dan berguna untuk kesehatan, antara lain

1. Mencegah stroke dan jantung koroner
Jantung koroner merupakan salah satu penyakit yang sangat mematikan di dunia. Jadi sudah seharusnya kita untuk mencegah, melihat biaya obat yang mahal ditambah dengan proses penyembuhan yang lama, maka dari itu sangat disarankan untuk mengonsumsi jantung pisang sebagai cara pencegahan. Dimana jantung pisang ini merupakan anti-koagulan yang apat memperlancar sirkulasi darah sehingga dapat mencegah terjadinya stroke. Selain itu juga dapat menurunkan kolesterol karena dapat mengikat lemak jahat yang ada di dalam tubuh.

2. Sebagai menu diet
Jantung pisang memiliki kadar lemak yang rendah atau bahkan bisa dibilang sedikit sehingga cocok sebagai menu saat Anda menjalankan program diet. Ada juga efek samping ketika Anda mengonsumsi jantung pisang ini yaitu lebih bisa menahan lapar dan merasakan kenyang dalam waktu dibandingkan saat Anda mengonsumsi nasi.

3. Mengatasi Anemia
Jantung pisang mengandung kadar zat besi yang tinggi dimana ini adalah mineral utama untuk memproduksi sel darah merah sehingga mengonsumsi jantung pisang bisa membantu Anda untuk mengobati anemia

4. Mengobati diabetes
Diabetes merupakan penyakit yang banyak menyerang Masyarakat pada masa sekarang karena banyak mengonsumsi makanan atau minuman berkadar gula tinggi. Salah satu cara mengobati diabetes adalah dengan mengonsumsi jantung pisang, karena kandungan IG (indeks glemik) dalam jantung pisang tergolong rendah sehingga cocok untuk dikonsumsi bagi para penderita diabetes militus.

5. Mencegah penyakit gondok
Kandungan yodium yang terdapat didalam jantung pisang ini membantu Anda untuk mencegah penyakit gondok.

6. Memperlancar Asi
Bagi anda ibu menyusui atau pasca melahirkan, mengonsumsi kantuk pisang adalah jawaban Anda untuk dapat membantu memperlancar ASI karena kandungan nutrisi dan protein yang tinggi. Jadi tidak hanya ibu yang sehat tetapi juga anak yang cerdas.

7. Mengatasi datang bulan tidak teratur
Sering khawatir datang bulan tidak teratur? Coba untuk mengonsumsi jantung pisang karena dapat membantu memperlancar datang bilang dengan mengatur hormon-hormonyang ada didalam tubuh. Selain itu jantung pisang juga dapat mengurangi rasa nyeri saat datang bulan.

8. Menyehatkan sistem pencernaan
Karena jantung pisang memiliki kandungan serat yang tinggi jadi sangat dianjurkan bagi anda yang sering mengalami gangguan pencernaan dengan mengonsumsi jantung pisang.

Jadi beberapa manfaatnya jantung pisang di atas dapat menjadi pengetahuan baru bagi anda untuk hidup sehat dengan mengonsumsinya. (*).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Khasiat Jantung Pisang untuk Kesehatan Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora