Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha. Semoga Kita Semua Mendapat Berkah Qurban.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Thursday, 10 November 2016

Generasi Muda Pahlawan Bahasa Indonesia

Oleh Bagus Juniarto Wibowo   
Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS)

Generasi muda merupakan tiang negara, karena pemuda sangat dibutuhkan sebagai generasi penerus bangsa, peran pemudalah yang menentukan maju atau mundurnya suatu bangsa.
Tantangannya adalah bagaimana membuat generasi muda memiliki disiplin berbahasa. Sudah seharusnya generasi muda memaknai Bahasa Indonesia dengan baik dan benar.

Namun kenyataannya, Bahasa Indonesia sebagai identitas bangsa Indonesia terancam keberadaannya oleh pelaku Bahasa Indonesia sendiri. Pemakaian berbahasa yang baik dan benar seolah-olah diabaikan dan tidak menjadi persoalan. Ironisnya kesalahan-kesalahan tata bahasa tidak terjadi di kalangan masyarakat biasa, melainkan perusahaan-perusahaan tinggi negara yang di dalamnya terdapat kumpulan orang-orang intelektual pun tak acuh terhadap pemakaian Bahasa Indonesia dengan benar.

Banyak kita jumpai di sepanjang jalan papan nama sebuah instansi yang salah dalam penulisannya, seperti “Apotik Medica” seharusnya “Apotek Medica”, “Photocopy / Fotocopy” seharusnya “Fotokopi” dan lain sebagainya.


Marilah sebagai generasi muda kita perbaiki kesalahan-kesalahan berbahasa yang ada dengan memperdalam ilmu bahasa. Dengan berbahasa yang baik dan benar berarti menghargai jasa pahlawan-pahlawan yang susah payah mencetuskan Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan bangsa. Wahai generasi muda, jadilah pahlawan Bahasa Indonesia untuk kejayaan Indonesia.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Generasi Muda Pahlawan Bahasa Indonesia Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora