Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha. Semoga Kita Semua Mendapat Berkah Qurban.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Thursday, 10 November 2016

Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak dan YJP Santuni Anak Yatim Piatu

Pengurus LKSA dan Yayasan Jamaah Pasrah saat memberikan sambutan di Pendopo YJP Desa Kembang Dukuhseti Pati.
Pati, Harianblora.com – Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) bersama Yayasan Jamaah Pasrah (YJP) Kabupaten Pati, memberikan santunan kepada puluhan anak yatim piatu di pendopo YJP Desa Kembang, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati, Jawa Tengah pada Selasa (8/11/2016).

Santunan tersebut dirangkai dalam kegiatan Bantuan Penguatan Kapasitas Anak (PKA) dan Penguatan Kapasitas Keluarga (PKK) melalui program Bantuan Sosial Program Kesejahteraan Anak (PKSA) 2016 yang digelar oleh Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) dengan Yayasan Jamaah Pasrah Pati, Jawa Tengah.

Dijelaskan Ngalimun Ketua YJP Pati, bahwa santunan yatim piatu tersebut dirangkai dengan acara TEPAK atau Temu Penguat Anak melalui agenda yang diselenggarakan LKSA dan YJP Pati.

“Seperti yang saya pelajari, Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) ialah lembaga sosial nirlaba yang menampung, mendidik dan memelihara anak-anak yatim, yatim piatu dan anak telantar. Sementara Program Kesejahteraan Sosial Anak (PKSA) adalah upaya yang terarah, terpadu dan berkelanjutan yang dilakukan pemerintah, pemerintah daerah dan masyarakat dalam bentuk pelayanan sosial guna memenuhi kebutuhan dasar anak, salah satunya yang disumbangkan kepada YJP Pati ini dengan memberi bantuan berupa bingkisan dan sejumlah dana untuk pendidikan anak yatim di bawah naungan YJP,” beber Ngalimun, Selasa (8/11/2016).

Kebetulan, lanjut dia, oleh Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) dengan Yayasan Jamaah Pasrah Pati, Jawa Tengah tahun 2016 ini mendapat jatah bantuan. “Kami memang memprioritaskan untuk pendidikan. Kadang kalau ada bantuan kalau bisa berupa barang, biar bisa dimanfaatkan bukan untuk jajan. Seperti alat sekolah, buku, tas, baju sekolah dan lainnya seperti santunan ini,” beber Ketua GP Ansor Dukuhseti Pati tersebut.

Mantan Ketua IPNU Dukuhseti Pati ini juga menjelaskan, bahwa YJP sebagai salah satu lembaga non pemerintah, ingin lebih dekat dengan semua elemen, terutama yang serius bergerak peduli dengan anak-anak yatim dan fakir miskin. “Selain santunan, kami Yayasan Jamaah Pasrah juga sedang membangun SMK untuk anak yatim yang ke depan kami prioritaskan gratis untuk anak yaim,” beber lulusan Unwahas tersebut.

Sementara itu, Minanurrohman, penanggung jawab acara juga menjelaskan bahwa PKSA ini meliputi bantuan atau subsidi pemenuhan kebutuhan dasar, aksesbilitas pelayanan sosial dasar, penguatan orangtua atau keluarga dan penguatan lembaga kesejahteraan sosial anak.

Tujuan dari PKSA, menurut dia, adalah untuk mewujudkan pemenuhan hak dasar anak dan perlindungan terhadap anak dari penelantaran, eksploitasi dan diskriminasi, sehingga tumbuh kembang, kelangsungan hidup dan partisipasi anak dapat terwujud.

“Secara kelembagaan, sasaran PKSA meliputi sejumlah aspek. Pertama, anak balita terlantar, anak jalanan, anak yang berhadapan dengan hukum, anak dengan kecacatan dan anak yang membutuhkan perlindungan khusus agar meningkat prosentase terhadap akses pelayanan sosial dasar,” papar lulusan IAIN Walisongo Semarang tersebut.

Kedua, orangtua dan keluarga yang bertanggungjawab dalam pengasuhan dan perlindungan kepada anak meningkat prosentasenya. Ketiga, penurunan prosentase anak yang mengalami masalah sosial. Keempat, Lembaga kesejahteraan sosial yang menangani anak meningkat baik kuantitas  maupun kualitasnya.

Kelima, Pekerja Sosial Profesional, Tenaga Kesejahteraan Sosial dan Relawan Sosial di bidang pelayanan kesejahteraan sosial anak yang terlatih meningkat. Keenam, Pemerintah Daerah (kabupaten/kota) yang bermitra dan berkontribusi melalui dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah dalam pelaksanaan PKSA. Ketujuh, Produk hukum perlindungan hak anak yang djperlukan untuk landasan hukum pelaksanaan PKSA. 

Sementara itu, perwakilan LKSA juga menjelaskan bahwa untuk bulan ini, Yayasan Jamaah Pasrah berkesempatan menerima bantuan yang langsung diberikan kepada anak-anak yatim.


Hadir dalam kesempatan tersebut Ngalimun Ketua Yayasan Jamaah Pasrah Pati dan perwakilan dari LKSA dan pengurus YJP serta tamu undangan serta puluhan anak yatim piatu. (THB99).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak dan YJP Santuni Anak Yatim Piatu Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora