Harian Blora menerima rilis tulisan baik berupa berita, juga opini, cerpen dan puisi. Naskah silahkan kirim ke redaksiharianblora@gmail.com

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Tuesday, 8 November 2016

Antisipasi Kanker Payudara, Persit Blora Diberi Edukasi

Suasana penyuluhan
Blora, Harianblora.com - Pertemuan rutin Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XLII Dim 0721/Blora Koorcab Rem 073/Mkt, selaku penyelenggara pertemuan Ranting 15/Todanan.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Makodim setempat itu selain acara rutin diisi juga dengan acara penyuluhan Kanker Payudara oleh Dr. Galih dari RS Permata Blora, pada Selasa (07/11/2016).

Hadir diacara tersebut Ketua Persit KCK Cabang XLII Dim 0721/Blora Ny. Yulia Susilo, Wakil Ketua Ny. Tanti Burhanuddin, para Ketua Ranting dan seluruh Anggota Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XLII Kodim 0721/Blora.

Dalam Sambutan Ketua Persit KCK Cabang XLII Dim 0721/Blora Ny. Yulia Susilo menyampaikan, pertemuan anggota Persit kali ini dilaksanakan berbeda dari biasanya selain untuk ajang talisilaturahmi dan mempererat kekeluargaan juga diisi dengan penyuluhan dari RS. Premata Dr. Galih.

Semoga penyuluhan DR. Galih bisa bermanfaat dan berguna untuk menjaga kesehatan kita semua. Ujarnya.

“Deteksi dan Kenali Kanker Payudara Sejakdini”. Materi yang disampaikan Dr. Galih
Dikesempatan itu Dr. Galih menyebutkan, Sadari dan Sadanis merupakan pemeriksaan yang sederhana, cepat, mudah. Hasilnya juga dapat diketahui langsung tanpa sarana laboratorium. Pemeriksaan secara benar dan teratur dapat mendeteksi kanker pada stadium awal sebesar 68 persen.

Selain Sadari dan Sadanis dia mengatakan pemeriksaan mammografi bisa dilakukan setiap tahun sejak memasuki usia 40 tahun atau sesuai saran dokter. Cara lain yakni pemeriksaan ultrasonografi (USG) yang kadang merupakan pemeriksaan lanjutan dari mammografi ketika pasien menampakkan gejala kanker payudara.

Dijelaskan pula, kanker payudara terdiri atas stadium awal (I), stadium lanjut lokal (II dan III), dan stadium lanjut metastasis (IV). Pasien kanker payudara yang terdeteksi dini memiliki harapan hidup tinggi hingga 98 persen. Sementara hanya 24 persen pasien kanker payudara stadium lanjut yang bertahan hidup.

"Karena itu, deteksi dini sangat penting guna meningkatkan peluang kesembuhan. Segera lakukan pemeriksaan dan konsultasi ke dokter untuk melawan kanker payudara," katanya. (Red-HB99/pdm).

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Antisipasi Kanker Payudara, Persit Blora Diberi Edukasi Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora