Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha. Semoga Kita Semua Mendapat Berkah Qurban.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Saturday, 19 November 2016

Warga Todanan Diberi Pemahaman Kontrasepsi MOP

Todanan, Harianblora.com - Sekitar 60 orang warga Desa Sonokulon Kecamatan Todanan Blora antosias mengikuti penyuluhan dan pemahaman Kontrasepsi mantap pada pria atau MOP (Metoda Operasi Pria) atau vasektomi. Kegiatan tersebut berlangsung di Balai Desa  setempat pada Kamis  (17/11/2016).

Pada kegiatan itu selaku nara sumber Serda Supari Babinsa Desa setempat Koramil 14/Todanan. Dalam penyuluhannya menceritakan pengalamannya sebagai akseptor MOP (Metoda Operasi Pria) hinga sampai dapat penghargaan dari Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Jaswandi yang diwakili Danrem 073/Makutarama Kolonel Inf Joseph Robert Giri, S.I.P, M.Si pada saat kegiatan Baksos tgl 24 Oktober yang lalu.

Pengertian
Kontrasepsi mantap (kontap ) adalah suatu tindakan untuk membatasi keturunan dalam jangka waktu yang tidak terbatas; yang dilakukan terhadap salah seorang dari pasangan suami  isteri atas permintaan yang bersangkutan, secara mantap dan sukarela. Kontap dapat diikuti baik oleh wanita maupun pria.  Tindakan kontap pada wanita disebut kontap wanita atau  MOW (Metoda Operasi Wanita ) atau tubektomi, sedangkan pada pria MOP (Metoda Operasi Pria) atau vasektomi.Kontrasepsi mantap pada wanita  atau  MOW (Metoda Operasi Wanita) atau tubektomi, yaitu tindakan pengikatan dan pemotongan saluran telur agar sel telur tidak dapat dibuahi oleh sperma.

“Kontrasepsi mantap pada pria atau MOP (Metoda Operasi Pria) atau vasektomi., yaitu tindakan pengikatan dan pemotongan  saluran benih agar sperma tidak keluar dari buah zakar,”  papar Babinsa Serda Supari di hadapan para warga.

Menurutnya, sangat efektif, merupakan metode kontrasepsi pria yang permanen dan tidak ada efek samping jangka panjang. “Sehingga tidak berpengaruh terhadap kemampuan maupun kepuasan hubungan seksual,” jelas Serda Supari. (Red-HB99/Pdm).

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Warga Todanan Diberi Pemahaman Kontrasepsi MOP Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora