Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Santri Nasional. Semoga Kita Semua Mendapat Berkah dari para Kiai, Santri dan Ulama Nusantara.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Monday, 19 October 2015

Dinas Kesehatan Blora Rencanakan Penyuluhan Larangan BAB

Pembuatan jamban di Karang Tengah, Ngawen, Blora.
Blora, Harian Blora – Dalam TMMD Reguler ke 95 tahun 2015, Dinas Kesehatan Blora kembali merencanakan penyuluhan larangan buang air besar (BAB) sembarangan. Sesuai agenda, Dinkes Blora akan memberi penyuluhan soal larangan BAB sembarangan di Desa Karang Tengah, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Blora.

Rencana Dinkes Blora tersebut menyusul dengan adanya program jambanisasi di desa setempat oleh TNI jajaran Kodim 0721/Blora bersama warga setempat di Karang Tengah, Ngawen, Blora.

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Blora, Lilik Hernanto SKM Mkes, Senin (19/10/2015) memaparkan bahwa jajarannya ada agenda memberi penyuluhan soal jangan membuang air besar sembarangan.

‘’Hari ini ada penyuluhan masalah itu di Desa Kedung Satriyan dan Rowo Bungkul Ngawen,’’ kata dia.

Untuk di Desa Karang Tengah, Ngawen, Blora, pihaknya menyatakan akan menyusul jadwal.

Lilik juga mengatakan bahwa cukup positif jika TMMD di Karang Tengah ada program jambanisasi yang digagas TNI Blora dan dibantu warga setempat.

Akan tetapi, memang program tersebut hendaknya dibarengi dengan penyuluhan kepada warga tentang jangan buang air besar sembarangan.

‘’Penyuluhan  itu penting, mengingat persoalan jangan buang air besar sembarangan juga menyangkut soal budaya atau kebiasaan,’’ beber dia.

“Padahal, bahaya akibat buang air besar sembarangan tersebut cukup besar, apalagi di saat akan musim penghujan seperti ini,” ungkap dia.

Jelas-jelas, lanjut dia, penyakit yang mengancam warga, kata dia, jika buang air sembarangan adalah diare.

Seperti diketahui, dalam TMMD Blora ke 95 tersebut, sudah ada beberapa proyek fisik yang dikerjakan oleh Kodim 0721/Blora dengan warga setempat, salah satunya adalah jambanisasi. (Red-HB12/Sujono/Pendim Blora).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Dinas Kesehatan Blora Rencanakan Penyuluhan Larangan BAB Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora