Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Santri Nasional. Semoga Kita Semua Mendapat Berkah dari para Kiai, Santri dan Ulama Nusantara.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Wednesday, 21 October 2015

Warga Karang Tengah Blora Diajak Usaha Ceriping Ketela

Suasana penyuluhan wirausaha, Selasa (20/10/2015)
Blora, Harian Blora – Warga Desa Karang Tengah, kecamatan Ngawen, Blora tidak hanya menggarap fisik pada kegiatan TMMD Reguler ke-95, melainkan juga kegiatan non fisik, salah satunya diajak TNI Kodim 0721/Blora untuk berwirasuaha dengan membuat ceriping ketela.

Kodim Blora menggandeng Dinas Perindustrian dan Koperasi (Diperidagko) UMKM Blora untuk memotivasi warga berwirausaha. Dalam kesempatan itu, Selasa (20/10/2015), Kodim mengajak warga karang Tengah untuk membuka usaha criping ketela.

Nanik Susilowati, seorang staf di Diperindagkop UMKM Blora, yang ditugaskan untuk memberikan materi penyuluhan. Mendasari bahwa ada potensi di Desa Karang Tengah, setiap warga menanam ketela, dia memberi penyuluhan bagaimana membuka usaha ceriping Ketela.

Menanggapi pertanyaan dari warga soal teknik pemasaran jika mereka usaha ceriping, Nanik menyarankan, bahwa untuk memasarkan produk ceriping dimaksud dimulai dari pemasaran yang kecil. Dicontohkan, produk mulai dipasarkan di tingkat desa setempat, lantas dikembangkan pemasaran antar desa, baru pada saatnya nanti akan dipasarkan di pasar modern atau kelas swalayan.

Sejumlah warga Karang Tengah tampak antusias mengikuti penyuluhan tersebut, dan mereka menyatakan akan memulai usaha seperti disarankan penyuluh.

Dalam pernyataanya, salah seorang warga meras sudah lama memiliki ide tersebut. Hal itu diungkapkan dia dalam penyuluhan yang digelar Kodim 0721/Blora bekerjasama dengan  Diperindagko UMKM  Blora.

“Terus terang kami sudah lama mempunyai gagasan itu. Hanya saja selama ini yang kami pikirkan bagaimana memasarkannya,’’ ungkap Suparni, salah seorang Warga Desa Karang Tengah Blora. (Red-HB44/Sujono/Pendim Blora).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Warga Karang Tengah Blora Diajak Usaha Ceriping Ketela Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora