Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Thursday, 29 October 2015

Syarat Desainer Profesional Harus Menjelma Jadi Detektif

Godham Ketua AIDIA Cabang Semarang (kanan) saat menyampaikan materi, Kamis malam (29/10/2015).
Semarang, Harian Blora – Syarat menjadi desainer profesional salah satunya harus bisa menjadi detektif. Hal itu disampaikan Godham Eko Saputro S.Sn, M.Ds Ketua AIDIA (Asosiasi Profesional Desain Komunikasi Visual Indonesia) Cabang Semarang periode 2015-2018, Kamis malam (29/10/2015) di ruang Sindoro lantai 3 Gedung Telkomsel Jalan Pahlawan nomor 10 Semarang.

“Desainer itu harus bisa seperti detektif. Ia harus rajin meneliti, mencari referensi dan membaca, tapi dilarang plagiasi,” ujar Godham yang juga dosen desain grafis/DKV Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang tersebut.

Seperti diketahui, Ghodam terpilih dalam Konggres pertama AIDIA Cabang Semarang, kemarin, di Tekodeko Koffiehuis, Kota Lama, Jalan Letjen.  Suprapto nomor 44 Semarang Rabu, (28/10/2015).

Kemudian, agenda dilanjutkan malam ini, Kamis (29/10/2015) dengan agenda seminar, perkenalan dan deklarasi pengurus AIDIA (Asosiasi Profesional Desain Komunikasi Visual Indonesia) Cabang Semarang periode 2015-2018.

Dalam pemaparannya di seminar bertajuk “Ke mana sih Cari Desain yang Baik dan Benar Itu?” tersebut, Godham mengimbau agar desainer di Semarang lebih bagus dalam menciptakan sebuah produk.

Dalam pertemuan tersebut, AIDIA Kota Semarang mengajak para desainer untuk berfikir kreatif yang mana seorang desainer harus menjelma menjadi detektif.

"Dalam dunia desainer yang terpenting adalah melakukan riset untuk target audien dan konsumen guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan" tegas Godham Ketua AIDIA Semarang.

Selain itu, dalam kinerja seorang desainer juga harus memperhatikan tiga poin penting, yaitu creative thinking, out of the box dan anti mainstream.

“Hal itu dilakukan supaya gagasan ataupun ide-ide yang muncul lebih baik dan kreatif,” ujar pria kelahiran Kendal 12 Oktober 1986 tersebut.

Dalam jangka tiga tahun ke depan (2015-2018), AIDIA Kota Semarang akan melakukan konsultasi, perkenalan kepada elemen masyarakat atau pun instansi pemerintahan untuk mengetahui arti pentingnya dunia desain.

Acara yang berlangsung meriah ini juga dihadiri dari pegiat desain se-Kota Semarang. Hadir juga perwakilan dari universitas yang unggul dalam desain komunikasi visual seperti Udinus, Unnes, dan Unika.

Selain itu ada juga perwakilan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Biro Humas Kota Semarang dan juga Kandank Multimedia salah satu perusahaan jasa desainer yang Cukup terkenal di Kota Semarang. (Red-HB44/Foto: Sovan/HJN).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Syarat Desainer Profesional Harus Menjelma Jadi Detektif Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora