Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Santri Nasional. Semoga Kita Semua Mendapat Berkah dari para Kiai, Santri dan Ulama Nusantara.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Wednesday, 21 October 2015

Tiga Keunikan Blora Dibandingkan Kabupaten Lain

Salah satu rumah adat khas Blora
Blora merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Tengah bagian timur yang berdempetan dengan Jawa Timur, yaitu dengan Kabupaten Bojonegoro.

Meskipun jauh dari pantai dan juga jauh dari pegunungan, namun kabupaten Blora mempunyai berbagai hal menarik di dalamnya.

Selain memiliki beberapa tempat wisata yang indah seperti salah satunya yaitu Goa Terawang, kabupaten Bloga juga memiliki beberapa hal menarik yang juga perlu anda ketahui.

Berikut adalah tiga hal menarik tentang Kabupaten Blora.

Pertama
Masyarakat kabupaten Blora, terutama masyarakat yang tinggal di daerah pedesaan masih memengang teguh kebudayaan dan adat dari leluhur mereka. Salah satu kebudayaan yang masih terjaga sampai saat ini adalah rumah mereka. Sebagian besar masyarakat Blora yang tinggal di pedesaan memiliki rumah dengan atap model rumah Joglo.

Seperti masyarakat di kecamatan Todanan dan kecamatan Kunduran, rata-rata warganya memiliki rumah dengan atap model rumah Joglo. Meskipun bentuk dan model arsitek rumah mereka modern, namun untuk atapnya selalu dibuat seperti model rumah Joglo. Inilah yang membuat bentuk rumah masyarakat Blora menjadi lebih unik dan indah.

Kedua
Untuk masyarakat Blora didaerah pedesaan, mereka selalu menggunakan bahan dasar kayu Jati untuk rumah mereka. Hampir sebagian besar masyarakat Blora dipedesaan 70% bahan utama rumah mereka berasal dari kayu Jati. Bahkan ada sebagian rumah warga yang hampir seluruhnya menggunakan bahan yang berasaldari Kayu Jati.

Seperti kusen, dinding, tiang-tiang penyangga, pintu, gunungan atap semuanya terbuat dari Kayu Jati. Meskipun ada beberapa rumah yang mengggunakan dinding tembok dan keramik, namun beberapa bagian lainya pasti menggunakan bahan Kayu Jati.

Ketiga
Sebagian besar masyarakat kabupaten Blora memiliki mata pencaharian sebagai petani. Sebagian besar dari mereka tinggal didaerah pedesaan. Dibeberapa kecamatan seperti kecamatan Todanan dan kecamatan Kunduran, sebagian besar masyarakatnya memiliki peliharaan seperti sapi dan kambing. Dan yang menarik adalah sapi dan kambing peliharaan mereka itu tidak dimasukan kedalam kandang, melainkan berada diluar begitu saja. sapi dan kambing milik mereka hanya diikat pada sebatang kayu yang ditancapkan di samping-samping rumah mereka. Bahkan ada juga yang diletakan dikebun-kebun didekat rumah mereka.

Masyarakat kecamatan Todanan dan kecamatan Kunduran sudah terbiasa dengan hal demikian. Mereka sama sekali tidak takut kalau sapi dan kamping peliharaan mereka dicuri. Sehingga mereka hanya mengikatkan speliharaan mereka disekitar rumah tanpa dimasukan kedalam kandang.

Itulah tiga hal yang menarik dari kabupaten Blora. Sebenarnya masih banyak lagi hal-hal menarik dan unik dari kabupaten Blora yang perlu anda ketahui. Terutama hal-hal yang berkaitan dengan mitos dan kepercayaan masyarakat. Dimana mitos dan kepercayaan masyarakat Blora masih sangatlah kental yang akan membuat anda penasaran untuk mengetahuinya. (Red-HB33/Foto; Ainur Rofiqul Aziz/HJN).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Tiga Keunikan Blora Dibandingkan Kabupaten Lain Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora