Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Santri Nasional. Semoga Kita Semua Mendapat Berkah dari para Kiai, Santri dan Ulama Nusantara.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Friday, 4 December 2015

Barongan Blora Jadi Maestro Budaya Jawa

Salah satu penampilan Barongan Blora
Semarang, Harian Blora – Prof Dr Teguh Supriyanto MHum guru besar Sastra Jawa FBS Universitas Negeri Semarang (Unnes), Barongan Blora menjadi kekayaan budaya menarik dari beberapa local wisdom lainnya.

“Barongan Blora itu apik banget, jadi maestro budaya Jawa,” ujar Prof Teguh saat ditemui Harian Blora di Semarang, Kamis (3/12/2015).

Pria yang menjadi profesor Sastra Jawa pertama di lingkungan Unnes tersebut mengakui, pihaknya sangat suka dengan Barongan Blora dan Ketoprak Pati.

“Kalau di Pati saya sukanya ya Ketoprak sama Nasi Gandul, kalu Blora ya Barongan sama satenya,” beber dia.

Prof Teguh mengakui, bahwa di tiap daerah di Jawa Tengah memiliki keunggulan dan budaya khas lokal sendiri.

Akan tetapi, pihaknya mengaku suka dengan Barongan Blora, hal itu terbukti pada saat ia dikukuhkan menjadi guru besar beberapa waktu lalu.

Saat dikukuhkan di Unnes sebagai guru besar, Prof Teguh mengendarai kuda dan diarak dengan Barongan Blora. “Pokoknya Barongan Blora top lah,” pungkas dia. (Red-HB99/Foto: IBK/Harian Blora).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Barongan Blora Jadi Maestro Budaya Jawa Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora