Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha. Semoga Kita Semua Mendapat Berkah Qurban.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Tuesday, 22 August 2017

Bappeda Blora Bersama Dekranasda Kabupaten Blora Gelar Pelatihan Membatik Bagi Kaum Difabel

Blora, Harianblora.com - Difabel Blora Mustika (DBM), Komunitas difabel Kabupaten Blora nampak bahagia mengikuti kegiatan pelatihan membatik yang digelar oleh Forum Ekonomic Development and Enviorenment Program (FEDEP) Bappeda Blora bersama Dekranasda Kabupaten Blora.

Kegiatan ini diadakan pada Selasa, 22 Agustus 2017 bertempat di halaman belakang sekretariat DBM yang berada di Jl.Hassanudin (depan SMP Negeri 3 Blora). Pelatihan dibuka secara resmi oleh Ketua Dekranasda Kab.Blora Hj.Umi Kulsum Djoko Nugroho didampingi Kepala Bappeda Ir. Sutikno Slamet, Kabag Perekonomian Setda Blora Rudatiningsih, perwakilan Dindagkop UKM dan Kepala Desa Kamolan.

"Selama lima hari itu para kaum difabel akan mengikuti pelatihan membatik dari para perajin batik Blora yang tergabung dalam Kalster Batik Blora. Meliputi cara pembuatan batik cap dan batik tulis, seperti menggambar motif, menyanting, mengecap hingga nanti mewarnai dan mengunci" tutur Kepala Bappeda Ir. Sutikno Slamet.

Selain melakukan pelatihan, FEDEP Bappeda dan Dekranasda juga memberikan bantuan peralatan membatik seperti rak batik, canting, malam, kompor, meja cap, cetakan cap, dan lainnya. Dalam arahannya, Hj.Umi Kulsum memberikan semangat kepada para difabel yang mengikuti pelatihan penguatan membatik. Ia meminta agar mereka bersungguh-sungguh mengikuti seluruh tahapan pelatihan.

Menurut Hj.Umi Kulsum, batik Blora saat ini tidak kalah dengan batik wilayah lainnya, hanya saja masih kalah dalam hal promosi. Kemudian, istri dari Bupati Blora Djoko Nugroho ini  mengajak seluruh perajin dan warga Blora untuk memulai promosi dari diri sendiri di lingkungannya.

Usai dibuka, pelatihan dilanjutkan dengan praktek nyanting dan cap. Sebagian anggota difabel mencoba melakukan cap, nyanting, dan menggambar motif dengan arahan para pelatih.

Peserta berharap kedepan produk produk kerajinan para difabel bisa ikut dipamerkan dan dipromosikan. Beberapa bulan lalu saat dilaksanakan lomba Hari Kartini juga sudah ada anggota difabel yang mengikuti fashion show dengan menggunakan batik karya sendiri. (Red-HBibk/tbhpsb).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Bappeda Blora Bersama Dekranasda Kabupaten Blora Gelar Pelatihan Membatik Bagi Kaum Difabel Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora