Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha. Semoga Kita Semua Mendapat Berkah Qurban.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Monday, 14 August 2017

Barongan Blora Buat Tamu dari Jepang Kagum dan Ingin Terus Menonton. Bukti Barongan Sudah Layak Go Internasional?

Para personel Seni Barong Risang Guntur Seto, dari Kunden Blora melakukan foto bersama setelah tampil di pendopo

Blora, Harianblora.com - Pada Sabtu, 5 Agustus 207 telah diadakan kegiatan Simposium CCS ke 14 yang bertaraf internasional di Kabupaten Blora. Dalam simposium tersebut hadir Direktur Proyek CCS Indonesia Prof. Wawan Gunawan A Kadir (wakil rektor ITB Bandung), Dr. Toru Takahashi (Fukuda Geological Institute Jepang), Mr. Isamu Kuboki (JICA Jepang), Bupati Djoko Nugroho, Wakil Bupati H. Arief Rohman M.Si, Ketua STEM Akamigas Prof Dr. RY Perry Burhan M.Sc dan pejabat OPD terkait.

Pada malam harinya bertempat di Pendopo Rumah DInas Bupati Blora, Pemkab Blora menggelar jamuan makan malam untuk seluruh peserta simposium. Sejumlah makanan khas dihidangkan mulai Soto Klethuk, Sate Ayam, hingga buah lokal Sawo Organik Bangoan. Selain itu seluruh tamu juga dihibur dengan kesenian tari tradisional Gambyong, Seni Barongan Blora (Risang Guntur Seto), dan langen beksan Tayub.

Seluruh tamu undangan yang mayoritas berasal dari Jepang nampak tertegun, takjub, dan ketagihan melihat begitu menariknya kesenian asli Kabupaten Blora. Semua mata nampak tertuju ke depan memperhatikan gerakan para penari serta keuletan para penabuh gamelan yang membuat menggelegarnya suasana pendopo Rumah Dinas Bupati Blora. 

Tidak terkecuali Mr. Isamu Kuboki, perwakilan JICA dari Jepang memberikan apresiasi yang mendalam kepada pemkab Blora serta para penyaji khususnya Barongan Blora. Pria yang juga dapat berbicara bahasa Indonesia tersebut tidak sungkan mengatakan kekagumannya terhadap kesenian Barongan Blora. 

"Ketika mendengar tari tradisional, saya pikir tariannya lambat. Tetapi setelah mulai, ternyata tariannya cepat. Saya sangat terkesan, sangat enjoy, sangat menikmati. Saya suka tarian seperti itu. Katanya seharusnya lebih panjang durasinya. Saya rasanya pengen lihat lagi, nonton lebih lama. Lain kali saya ingin nonton lagi. Tidak ada tarian seperti barongan di sana, saya sangat terkesan, sangat enak" papar Mr. Isamu Kuboki.

Kegiatan dan kesempatan yang amat langka tersebut menjadi kesempatan emas bagi Pemkab Blora untuk memperkenalkan kekayaan lokal Blora, sekaligus meneguhkan Kabupaten Blora sebagai 'the city of Barongan'. Barongan Blora dinilai telah mengalami perkembangan yang signifikan dan layak untuk dipromosikan tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di mancanegara. (red-HBibk/ia).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Barongan Blora Buat Tamu dari Jepang Kagum dan Ingin Terus Menonton. Bukti Barongan Sudah Layak Go Internasional? Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora