Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Santri Nasional. Semoga Kita Semua Mendapat Berkah dari para Kiai, Santri dan Ulama Nusantara.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Thursday, 10 August 2017

Mengapa Pemerintah Mengeluarkan Uang Baru Lagi?

Oleh Winarti
Mahasiswi Prodi Pendidikan Matematika Asal Desa Butoh, Kecamatan Ngasem, Bojonegoro
Kehidupan manusia bisa dibilang tidak bisa lepas dari kebutuhan akan uang. Meskipun uang hanyalah lembaran kertas, tapi setiap orang rela bekerja banting tulang untuk memperoleh uang. Uang merupak alat tukar yang sah yang dapat diterim secara umum.
Di Indonesia sendiri uang sedah banyak mengalami perubahan desain. Baru-baru ini pun BI telah mengelurkan uang baru. Banyak orang yang berburu uang baru hanya untuk sekedar ingin tau seperti apa uang baru yang dikeluarkan BI. Perubahan desaian pada uang bukanlah hal yang mudah. Membutuhkan pertimbangan-pertingan.
Pemerintah mempunyai alasan-alasan yang kuat. Alasan kenapa pemerintah mencetak uang baru, karena kualitas fisik uang yang beredar dimasyarakat sudah menurun, agar tidak mudah dipalsukan, selain itu menurut Presiden Joko Widodo uang rupiah harus mempresentasikan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sehingga pahlawan yang tampil dalam mata uang rupiah harus dari sabang sampai merauke.
Ada 10 nama pahlawan yang di buat dalam uang baru ini. Selain memunculkan wajah-wajah pahlawan yang baru, uang baru ini juga dilengkapi teknologi baru dimana keamanannya jauh lebih baik.dikeluarkan pun lebih sulit dipalsukan. 
Hal ini dikarenakan telah melalui proses color shifting, rainbow feature, latent image, ultra violet feature, tactile effect, dan rectoverso. Pengamanan ini membuat uang kertas yang baru tidak bisa discan atau fotokopi sebab logonya tidak tampak utuh.

Dengan adanya uang baru ini yang dilengkapi dengan teknologi yang lebih canggih, diharapkan kasus-kasus pemalsuan uang tidak terjadi lagi. (*)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Mengapa Pemerintah Mengeluarkan Uang Baru Lagi? Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora