Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha. Semoga Kita Semua Mendapat Berkah Qurban.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Friday, 25 August 2017

Impara Unwahas Kenalkan Barongan di Ibu Kota Jateng

Grup Barongan Singo Joyo Impara Unwahas saat pentas. (Foto: impara-dok).
Semarang, Harianblora.com - Ikatan Mahasiswa dan Pelajar Blora (Impara) Unwahas Semarang, mengenalkan seni barong khas Kabupaten Blora di Kota Atlas, Semarang atau Ibu Kota Jawa Tengah.

Hal itu terbukti dengan adanya kegiatan manggung di sejumlah acara di Kota Semarang sejak beberapa waktu lalu.

Blora merupakan kabupaten daerah Jateng, yang letaknya di sebelah tenggara dari provinsi Jawa tengah. Jika berbicara Blora maka tak luput dari suku samin,pohon jati,dan minyak di blok
Cepu.

Blora juga mempunyai beberapa kesenian daerah di antaranya adalah Seni Barong. Jika biasanya pertunjukan Seni Barong dibawakan oleh masyarakat Blora,umumnya kaum dewasa sampai tua, dan tempatnyapun di Blora, namun berbeda dengan hal yang satu ini.

Seni Barong kali ini dibawakan oleh perkumpulan beberapa mahasiswa yang berasal dari blora yang
tergabung dalam Ikatan Mahasiswa dan Pelajar Blora (Impara) Universitas Wahid Hasyim Semarang. Impara Unwahas di naungi oleh Impara Semarang.

"Impara merupakan wadah belajar,berkarya bagi Mahasiswa-mahasiswa Blora yang melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi dalam wilayah semarang,agar lebih terjalin komunikasi antar para Mahasiswa Blora maka di bentuklah Impara sampai saat ini," beber M.Nur Ubaidillah Ketua Impara Unwahas, Jumat (25/8/2017).

M.Nur Ubaidillah Ketua Impara Unwahas menuturkan bahwa barongan yang dibawakan oleh beberapa mahasiswa Blora dinamakan Barongan Singo Joyo.

"Dalam agenda ke depan akan menggelar pagelaran Seni Barong di beberapa tempat, di antaranya Sendangguwo Semarang, Universitas Wahid Hasyim Semarang, Gunungpati Semarang, Universitas 17 Agustus 1945 Semarang pada tanggal 26-30 Agustus 2017," beber dia kepada Harianblora.com, Jumat (25/8/2017).

Harapannya, kata dia, barongan Blora yang dibawakan oleh Imapara di Kota Atlas ini semakin maju dan bisa go internasional. (HB44).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Impara Unwahas Kenalkan Barongan di Ibu Kota Jateng Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora