Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Friday, 18 August 2017

Blora Mantab Jadi Jargon di HUT RI ke 72

Kota, Harianblora.com - Upacara Peringatan Detik Detik Proklamasi Kemerdekaan Repiblik Indonesia yang ke 72 tingkat Kabupaten Blora berlangsung aman dan lancar. Atas kesuksesan tersebut, Bupati Djoko Nugroho yang bertidak sebagai inspektur upacara mengucapkan terimakasih atas kerja keras seluruh panitia, terutama Paskibraka yang tampil tegap dan tegas dalam proses pengibaran bendera.

“Alhamdulillah upacara kali ini berjalan bagus. Blora mantap..!! Berikan yang terbaik di hari bersejarah di Republik ini,” ucapnya.

Sebelumnya dalam amanatnya, ia membacakan sambutan Gubernur Jawa Tengah H. Ganjar Pranowo SH, MIP. Ia mengingatkan kembali pentingnya arti kemerdekaan, kepahlawanan dan kebangkitan semangat dalam mengisi kemerdekaan.

“Riang pekik merdeka begitu membahana di seluruh antero nusantara bahkan dunia. Hari ini rasa nasionalisme dan kebanggaan kita sebagai bangsa Indonesia makin mengemuka dan bergelora di dalam dada. Kita akan selalu ingat kepada mereka yang telah berjuang untuk bangsa ini hingga merdeka. Kita akan selalu terkenang akan semangat juang para pahlawan kusuma bangsa. Dekat sekali. Sedekat jantung kita,” ucapnya.

Menurutnya pahlawan adalah mereka yang telah mewakafkan diri untuk Indonesia Merdeka. Pahlawan adalah mereka yang telah tulus ikhlas berkorban jiwa raga demi Indonesia yang bersatu dan berdaulat.

“Tugas kita, menjaga api semangat juang kepahlawanan ini agar terus menyala. Sejak revolusi sampai pasca reformasi, sejak Sukarno sampai Joko Widodo, tidak boleh kita biarkan api ini redup apalagi padam, meski kena angin topan dan badai yang menghantam. Karena ini kuatan dan jatidiri sejati kita sebagai sebuah bangsa pejuang. Bangsa yang tidak pernah gentar dan pantang surut ke belakang menghadapi persoalan dan tantangan,” lanjutnya.

Walaupun terlampau banyak agenda seremoni, namun menurutnya insya Allah, agenda ini didedikasikan untuk membangun semangat bangsa Indonesia.

“Saya ingin momentum hari ini menjadi penumbuh semangat warga, kemudian menjadi kehendak kuat yang akhirnya dibuktikan oleh kerja nyata. Sebab, yang paling penting, bagaimana mengisi kemerdekaan itu,” tegasnya.

Tidak hanya upacara pengibaran bendera, saat detik-detik proklamasi juga dibunyikan sirine peninggalan jepang, bedug masjid dan kentongan kabupaten untuk mengingat saat saat ketika bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya.

Usai upacara dilanjutkan dengan acara tambahan berupa aksi teaterikal perjuangan sedulur sikep (samin) Blora melawan penjajah, pemberian penghargaan piagam Satyalancana Karya Satya XXX Tahun dan Satyalancana Karya Satya XX Tahun kepada 42 PNS secara simbolis.

Dilanjutkan pemberian remisi kepada para warga binaan Rumah Tahanan Blora oleh Bupati Djoko Nugroho didampingi Kepala Rutan Blora Yoga Aditya Ruswanto SH, M.Hum berdasarkan surat ketetapan Menteri Hukum dan HAM tentang pemberian remisi dalam rangka Proklamasi Kemerdekaan RI ke 72 tahun.

Rangkaian acara diakhiri dengan pelantikan 19 Kepala Desa hasil Pilkades serentak yang dilaksanakan 29 Juli lalu. Para kepala desa diambil sumpah jabatan oleh Bupati Djoko Nugroho didepan para tamu undangan yang mengikuti upacara sejak pagi seperti jajaran Forkopimda, seluruh Kepala OPD, perwakilan BUMN, BUMD, tokoh masyarakat, tokoh agama dan lainnya.

Adapun daftar Kades yang dilantik adalah sebagai berikut :
1. Mustafidah, S.Ag., Kades Sendangharjo, Kec. Blora.
2. Sulawan, Kades Kepoh, Kec. Jati.
3. Margono, Kades Buluroto, Kec. Banjarejo.
4. Nardi, S.Pdi., Kades Kembang, Kec. Todanan.
5. Sutrisno, Kades Jatiklampok, Kec. Banjarejo.
6. Supardi, Kades Brumbung, Kec. Jepon.
7. Sutikno, Kades Balongsari, Kec. Banjarejo.
8. Dinal Candra Jim Stark, S.P.Si, Kades Gersi Kec. Jepon.
9. Yanto, Kades Wonosemi, Kec. Banjarejo.
10. Nyono, Kades Prantaan, Kec. Bogorejo.
11. Mulyanto, Kades Srigading, Kec. Ngawen.
12. Sarji, Kades Singonegoro, Kec. Jiken.
13. Yuswanto, ST, Kades Japah, Kec. Japah.
14. Agus Legowo. A.Ma.Pd, Kades Genjahan Kec. Jiken.
15. Rukani, Kades Sendang, Kec. Todanan.
16. Kholil, S.Pd, Kades Bekutuk, Kec. Randublatung.
17. Tri Jatmiko, Kades Kacangan, Kec. Todanan.
18. Sudarto, Kades Nglebak, Kec. Kradenan
19. Darno, Kades Nginggil, Kec. Kradenan.

Pada kesempatan itu, Kabag Pemdes Riyanto Warsito mengatakan, pelantikan 19 Kades dilaksanakan karena masa jabatan kades terdahulu telah habis sebelum tanggal 17 Agustus 2017.

“Masa jabatan kades terdahulu telah habis sebelum tanggal 17 Agustus 2017. Sedangkan 8 kades terpilih lainnya, masa jabatan kades habis tanggal 11 Oktober 2017. (Red-HB99/Hms).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Blora Mantab Jadi Jargon di HUT RI ke 72 Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora