Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Sunday, 22 February 2015

Bujang Ganong Khas Blora, Bujang Ganong Rayung

Blora, Harianblora.com – Bujang Ganong merupakan salah satu tokoh yang sering muncul pementasan seni Barongan Blora. Dalam pementasan, penari menggambarkan sifat yang enerjik, lincah, kocak sekaligus mempunyai keahlian dalam seni bela diri. Penari menggunakan topeng berwarna merah dengan rambut hanya berada di bagian depan, sedangkan bagian belakang ditutup dengan kain yang umumnya berwarna merah.


Bujang Ganong Koleksi Risang Guntur Seto
Unsur yang paling penting dalam tari Bujang Ganong tentu saja adalah topeng itu sendiri. Topeng bujang ganong yang digunakan seni barong di Kabupaten Blora jika dilihat menyerupai topeng bujang ganong di reog ponorogo yang umumnya menggunakan rambut sapi ataupun kuda. 

Tetapi pada akhir tahun 2014 setelah memberikan gebrakan melalui barong rayungnya, Seni Barong Risang Guntur Seto kembali memberikan gebrakan dengan menciptakan topeng bujang ganong dengan menggunakan rambut yang berasal dari rumput rayung.

"Rayung ini kami peroleh dari Kabupaten Pemalang dengan proses yang panjang dan tidak mudah" ungkap Adi Wibowo, pemimpin Seni Barong Risang Guntur Seto kepada Harianblora.com.

Penampilan topeng bujang ganong dengan menggunakan rayung ini terbukti memberikan wajah baru dalam seni Barongan Blora dan mampu melahirkan bujang ganong khas Blora. Bujang ganong rayung ini juga menuai banyak pujian dari para pecinta Barongan Blora. (Red-HB13/Foto: Harianblora.com)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Bujang Ganong Khas Blora, Bujang Ganong Rayung Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora