Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Sunday, 22 February 2015

Danramil dan Babinsa Koramil 01/Kota Blora dan Kodim 0721/Blora Nyempret di Sawah



Blora, Harianblora.com – Kegiatan sosial terus dilakukan prajurit TNI di Kabupaten Blora. Salah satunya adalah Danramil dan Babinsa Koramil 01/Kota Blora dna Kodim 0721/Blora yang nyempret di sawah. Hal itu bertujuan untuk untuk menekan perkembangan serangan penyakit Blas yang timbul secara spot-spot di hamparan sawah. Selain itu juga karena sudah menyebar hampir di sebagian besar lahan pertanian yang ada di wilayah Kabupaten Blora dan khususnya di Desa Patalan, Kecamatan Kota Blora.

Tak lama ini, Serma Hariyanto beserta 2 Babinsa Koramil 01/Kota Dim 0721/Blora, bersama petani setempat di dampingi Kepala UPTD Dintanbunakikan Kecamatan Kota Blora Sukaryo P, SP, Camat Kota Blora Drs. Kunto Aji, Danramil 01/Kota Kapten Inf Supartono melaksanakan penyemprotan yang dikoordinir oleh Ketua kelompok Tani Sri Sadono Bapak Suwasno Desa Patalan, Kecamatan Kota Blora.

Kepala Dinas Pertanian Perkebunan Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blora Ir. Reni Miharti, M. Agr, Bus melalui Kepala UPTD Dintanbunakikan Kecamatan Kota Blora Sukaryo P, SP meminta kepada para kelompok tani untuk segera melakukan tindakan gerakan bersama pengendalian penyakit Blas dan Kresek dengan menggunakan Fungisida.

Seperti yang dilansir Pendim 0721/Blora, Jumat (20/2/2015), kegiatan tersebut terlaksana atas kerjasama dengan para Babinsa Kodim 0721/Blora yang secara resmi sudah diberi tugas pendampingan kepada para petani dalam pengawalan pencapaian swasembada padi, jagung dan kedelai. Untuk memenuhi kebutuhan fungisida, katanya, guna gerakan bersama bisa mengajukan permohonan bantuan ke Dinas Pertanian Perkebunan Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blora.

Penyakit Blas pada tanaman padi, menurut Sukaryo P, SP Kepala UPTD Dintanbunakikan Kecamatan Kota Blora disebabkan oleh jamur Pyricularia Oryzae dan dapat menyerang tanaman padi pada semua fase pertumbuhan dan persemaian sampai menjelang panen.

Pada fase vegetative, lanjutnya, penyebab penyakit menyerang pada daun dengan bercak coklat belah ketupat yang bisa mengakibatkan tanaman mati dan pada fase generative umumnya menyerang pada leher malai atau sering disebut gulu pedot juga bisa mengakibatkan tanaman jadi fuso.

Faktor yang mempengaruhi perkembangan penyakit Blas, katanya, antara lain yaitu kelembaban yang tinggi, suhu malam hari sekitar 22-29 0C, penggunaan pupuk Nitrogen yang berlebihan dan ketahanan Varietas yang ditanam. “Sehingga dalam pengendalian perlu dilakukan secara terpadu dengan berbagai cara yang dapat menekan perkembangan penyakit Blas tersebut,” beber Sukaryo.

Melalui Danramil 01/Kota Blora, Dandim 0721/Blora Letkol Inf Ariful Mutaqin juga menyampaikan bahwa kegiatan ini memang diperlukan penanganan secara cepat dan tepat serta koordinasi sehingga tidak berdampak pada kerugian besar petani.

“Serta memberi apresiasi kepada Babinsanya yang telah melaksanakan tindakan mempelopori pengendalian hama dengan melakukan penyemprotan bersama-sama, karena penyemprotan yang dilakukan secara bersama-sama juga bertujuan agar hama tersebut tidak berpindah ke sawah yang lainya,” katanya. (Red-HB12/Serda Sujono-Pendim 0721/Blora).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Danramil dan Babinsa Koramil 01/Kota Blora dan Kodim 0721/Blora Nyempret di Sawah Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora