Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Wednesday, 25 February 2015

Warga Cepu Blora Menderita Kusta Level II Dirawat di Magelang



Magelang, Harianblora.com - Warga Cepu Blora menderita kusta level II dan dirawat di Magelang. Warga Cepu tersebut adalah Novi, yang kini di RSUD GH Renata Magelang. Sebelumnya, pada tahun 2011 lalu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Magelang, menemukan seorang warganya menderita kusta level II (berbahaya). 
 
Ibu Novi warga Cepu, Kabupaten Blora yang menderita kusta

Sebelumnya, pernah ditemukan 4 hingga 7 penderita setiap tahun, namun masih pada level 0 (gejala) dan setelah diobati dinyatakan sembuh.

“Terus terang, kami merasa kecolongan. Kami baru menemukannya satu minggu kemarin. Selama ini kalau ada temuan, biasanya masih pada level 0. Jadi masih bisa diobati dan sembuh,” ujar Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Pengendalian Lingkungan (P2PL) Dinkes Kabupaten Magelang, Bambang Sugiyarto, Rabu (25/2/2015) seperti yang dilansir Kedaulatan Rakyat.

Novi sendiri, kata Bambang, sebenarnya bukan warga Kabupaten Magelang. Ibu dua orang anak itu, adalah berasal dari Cepu, Kabupaten Blora, yang merupakan salah satu daerah endemi Kusta di Jawa Tengah.


Dulu, Novi datang ke Magelang tahun 2004 lalu. Pada tahun 2007 pernah berobat, namun didiagnosa kena diabetes. Sejak itu, oleh suaminya diberi pengobatan alternatif. Namun karena tidak sembuh bahkan semakin berat, seminggu lalu baru dibawa kembali ke Puskesmas Salam.

Karena curiga, lanjut dia, petugas kami memfoto kondisi tangan dan kakinya yang sudah cacat karena mengalami penyusutan bahkan lumpuh. Foto kemudian di kirim ke pusat dan ke RSUD GH Renata di Jepara dan dinyatakan positif kusta.  “Dan hari ini, RSUD GH Renata menjemput penderita untuk didiobati,” paparnya. (Red-HB34/Foto: KR).

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Warga Cepu Blora Menderita Kusta Level II Dirawat di Magelang Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora