Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Monday, 23 February 2015

Wisata Grobogan yang Banyak Dikunjungi Warga Grobogan Blora Pati Demak Kudus Semarang



Tak hanya wisata di Blora, namun wisata Grobogan juga banyak dikunjungi warga Grobogan, Blora, Pati, Demak, Kudus, Semarang dan sekitarnya. Objek wisata di Grobogan, sangat bisa dijangkau untuk dikunjungi warga Blora dan Grobogan sendiri. 

Menurut catatan Pemerintah Kabupaten Grobogan, ada beberapa wisata di Grobogan yang sudah terkenal dan paling banyak dikunjungi. Objek-objek wisata tersebut meliputi Wisata Api Mrapen, Wisata Bleduk Kuwu, Waduk Kedung Ombo dan wisata religi Makam Ki Ageng Selo.

Wisata Api Mrapen Grobogan
Wisata Api Mrapen Grobogan merupakan salah satu objek andalan wisata di Grobogan dan Purwodadi yang sering dikunjungi warga Grobogan, Blora, Pati, Demak, Kudus dan sekitarnya. Lokasi wisata ini berada di dekat Jalan Raya Purwodadi-Semarang, yaitu kurang lebih 26 Km dari kota Purwodadi atau di Desa Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabuptaten Grobogan.
 
Api Mrapen. Foto: Pemkab Grobogan
Wisata Api Mrapen ini adalah suatu objek wisata alam yaitu api abadi yang timbur dari dalam tanah. Uniknya, meskipun hujan deras, api tersebut tidak padam dan tetap abadi menyala. Ada yang mengatakan, wisata Api Mrapen ini merupakan keunikan di dunia karena api muncul sendiri dari dalam tanah.

Tak hanya api, di lokasi ini juga ada Sendang Dudo, yaitu sendang yang berada di dekat lokasi Api Mrapen. Uniknya, di Sendang ini, meskipun airnya tampak mendidih, namun jika dipegang tidak panas. Tak hanya itu, letupan ar tersebut akan menyala jika terkena api. Sangat luar biasa.

Di sisi lain, di komplek Wisata Api Mrapen juga terdapat Batu Umpak atau Batu Bobot. Warga setempat, sangat menyakralkan dan mengeramatkan batu tersebut. bahkan, setiap malam Jumat Kliwon dipastikan ada pengunjung ke sana dengan maksud tertentu yang berbau mistis.

Bledug Kuwu Grobogan
Bledug Kuwu Grobogan merupakan salah satu objek wisata yang juga menarik wisatawan dari berbagai daerah, termasuk dari Grobogan sendiri, Blora, Kudus, Demak, Rembang, Pati dan sekitarnya. Objek wisata ini memiliki luas sekitar 45 hektar berupa telaga lumpur hangat.
 
Bledug Kuwu. Foto: Susianahemawati
Lokasi wisata ini adalah di Desa Kuwu, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan, 28 kilometer ke arah timur kota Purwodadi, Grobogan. Dinamakan Bledug Kuwu, karena ada air beserta lumpur dari dalam tanah atau sawah. Lumpur dan air yang keluar tersebut dijelaskan dari endapan laut purba yang keluar karena tekanan air vertikal yang sangat memukau.

Tak hanya lumpur dan air, setiap semburan, juga disertai asap putih yang tingginya mencapai 3 meter lebih. Bahkan pada saat-saat tertentu yang tak diduga, ada letupan keras yang mampu menyeburkan lumpur setinggi 10 meter hingga nampak demikian spektakuler. Letupan keras ini biasanya terjadi pagi buta ketika udara dingin atau saat cuaca mendung.

Bledug Kuwu Grobogan menjadi referensi berwisata di Grobogan dan Blora, Pati, Kudus, Demak dan sekitarnya. Meskipun kadang menakutkan, namun Bleduk Kuwu menjadi ikon wisata di Kabupaten Grobogan yang unik dan menarik untuk dikunjungi.

Makam Ki Ageng Selo Wisata Religi Grobogan
Makam Ki Ageng Selo wisata religi Grobogan ini merupakan salah satu khazanah wisata religi Islam di Grobogan. Lokasi wisata religi ini adalah di di Desa Selo, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan atau 10 km sebelah timur kota Purwodadi, Kabupaten Grobogan. Makam Ki Ageng Selo juga bisa dikatakan sebagai obkek wisata spiritual yang tak pernah sepi dari para pengunjung, terutama warga muslim di wilayah Grobogan, Blora, Demak, Kudus, Pati dan sekitarnya.
 
Makam Ki Ageng Selo. Foto: cn12inspirator.
Makam Ki Ageng Selo ini sangat ramai, terutama pada malam Jumat, dengan tujuan mencari berkah dan berdoa kepada Allah melalui Ki Ageng Selo. Dalam legenda Jawa, Ki Ageng Selo terkenal sangat sakti, bahkan ia pernah dikisahkan menangkap petir. Maka tidak heran jika Makam Ki Ageng Selo selalu ramai dikunjungi warga.

Waduk Kedung Ombo Grobogan
Waduk Kedung Ombo Grobogan adalah salah satu objek wisata di Kabupaten Grobogan yang sangat memanjakan mata. Waduk Kedung Ombo Grobogan juga menjadi referensi wisata bagi warga Grobogan, Pati, Blora, Demak, Kudus dan sekitarnya.
 
Waduk Kedung Ombo. Foto: Pemkab Grobogan.
Waduk Kedung Ombo Grobogan ini terletak  di Desa Rambat, Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan atau kurang lebih 29 Km ke arah selatan kota Purwodadi, Grobogan. Dalam sejarahnya, waduk ini mulai dibangun sekitar tahun 1980 dan tuntas selesai pada 1991. Waduk ini juga menjadi objek yang merupakan salah satu bendungan terbesar yang pernah dibangun oleh pemerintah.

Objek wisata Waduk Kedung Ombo Grobogan ini tidak hanya berada di Grobogan, namun juga menjadi batas wilayah antara Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Sragen. Waduk yang dibangun pada pertemuan Sungai Uter dan Sungai Serang yang terletak persis di Dukuh Kedungombo, Desa Ngrambat, Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan ini memiliki luas kurang lebih 6.576 Ha yang terdiri dari lahan perairan seluas 2.830 Ha dan lahan dataran seluas 3.746 Ha. 

Tak hanya air yang jernih, jika Anda berwisata di waduk ini Anda akan menikmati indahnya pohon-pohon yang tumbuh di area waduk sehingga membuat suasana lebih asri dan rindang sehingga membuat para pengunjung betah disana. Waduk ini sangat cocok untuk menjadi referensi berwisata di Grobogan, tak hanya bagi penduduk setempat, namun juga bagi warga Blora, Pati, Kudus, Demak, Sragen bahkan Boyolali dan sekitarnya. (Laporan Khusus Redaksi Harianblora.com). Baca juga: Wisata di Blora yang Paling Banyak Dikunjungi.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Wisata Grobogan yang Banyak Dikunjungi Warga Grobogan Blora Pati Demak Kudus Semarang Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora