Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Friday, 27 February 2015

Cerpen Aku Ingin Lolos Seleksi CPNS



Oleh Retno Wihyanti

Untuk Juni, aku masih diberi waktu Maret-April-Mei.
Akhir Februari 2015 ini, harus dapat dimanfaatkan sebaik mungkin. Khususnya untukku yang mulai dari awal lagi.

Penempaan ini akan berbuah di masa yang akan datang dan di sanalah mungkin aku baru akan paham mengapa aku perlu melalui jalanan ini. Yang aku pahami adalah seseorang akan terus berusaha berjalana terus tanpa henti  ketika ia memiliki arah yang jelas. Dan ia akan lebih memilih berhenti, berbalik, atau bahkan berganti arah dari perencanaan ketika tak punya tujuan mengapa ia berjalan. 

Layaknya seseorang di tengah kehausan yang mana jalan itu  tak ada penjual minuman.

Ia begitu haus, tetapi harus berjalan. Kata orang, di ujung jalan yang tengah dilewati ada sebuah warung yang menjual minuman.

Nah, ia pun punya tujuan untuk mencari warung itu, maka ia akan berusaha sekuat tenaga untuk terus berjalan ke arah sana.

Di sanalah ia akan menemukan targetnya, yaitu air yang akhirnya akan mengobati rasa hausnya.
Bukankah berusaha tetap berjalan yang tempatnya belum tahu sejauh apa akan ditemukan banyak kendala?

Mungkin ia akan beristirahat menelan air liur hingga kering mulutnya, sakit tenggorokannya, bercucur keringatnya, habis tenaganya, dan sebagainya.

Namun, ia tahu, ketika ia tetap berusaha, ia akan menemukan apa yang diinginkan.

Itulah mengapa ia harus tetap berjalan, kecuali yang ia pilih adalah mati.  

Analogi itu, ibarat kemelut skripsi yg tengah aku hadapi. Orang yang memberi tahu di sana ada warung penjual minuman ibarat janji Allah, hadist rasul, nasihat orang-orang, info akademik tteng revisi, jadwal wisuda dan sebagainya. 

Warung minuman itu ibarat cita-citaku. Targetku. 

Jalanan sepi, panas itu ibarat putaran waktu proses yang berjalan, proses revisi, proses penelitian, dan sebagainya. hingga proses wisuda. 

Kesakitan selama menuju warung itu ibarat berbagai hal yang tak diharapkan atau tak diinginkan.
Contoh: Aku ingin lolos tes CPNS

Yang tak diinginkan: proses belajar yang menguras pikiran, waktu, tenaga, uang; perjalanan ke sana-ke sana, dan sebagainya.

Mengapa belajar masuk ke yang tak diinginkan? Mneurutku karena yang kita inginkan adalah ilmunya, atau hasilnya. Kita itu ingin jadi dokter, bukan ingin proses menujunya. Kita ingin bisa membaca Al quran, bukan tahap menuju bisanya. Kita ingin ke luar negeri, bukan seleksinya. Kita ingin lulus sidang dapet A, bukan proses menuju itunya. 

Layaknya ungkapan dr Pak Mario Teguh: ketika kita ingin sesuatu, kita harus melewati banyak hal yang tak kita inginkan dulu.  

Begitu.

Mengapa mempunyai target itu bukan hal yang tak penting.

- Penulis adalah Mahasiswi PGSD Universitas Negeri Semarang
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Cerpen Aku Ingin Lolos Seleksi CPNS Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora