Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Monday, 23 February 2015

PT Pertamina Eksplorasi dan Produksi Cepu dan PT Geo Cepu Indonesia (GCI) Harus Rajin Mengecek Sumur Tua



Bojonegoro, Harianblora.com – PT Pertamina Eksplorasi dan Produksi Cepu dan PT Geo Cepu Indonesia (GCI) harus rajin mengecek sumur tua. Hal itu diharapkan oleh warga Desa Tambakmerak, Kecamatan Kasiman, Kabupaten Bojonegoro.


Warga setempat meminta pihak PT Pertamina Eksplorasi dan Produksi (EP) Asset 4 Field Cepu dan PT Geo Cepu Indonesia (GCI) selaku pengelola sumur minyak tua Kawengan untuk mengecek rutin pipa penyaluran minyak mentah dari Kedewan ke Pusat Penampungan Produksi (PPP) Menggung, Cepu, Blora. 

Pipa berdiameter 5 dim yang dipakai untuk menyalurkan minyak mentah atau biasa disebut lantung itu menurut Tohari (60) tokoh masyarakat Desa Tambakmerak, kondisinya banyak yang berkarat dan tua. Tohari khawatir jika keadaan pipa besi itu tidak sering dicek maka putusnya pipa yang menyemburkan minyak mentah bisa terulang kembali.

“Kalau tidak salah usia pipa besi yang dipakai menyalurkan minyak mentah itu sudah lebih 25 tahun,”  beber dia.

Jika PT Pertamina EP Asset 4 Field Cepu dan PT GCI sering mengecek pipa besi itu, kaa Tohari, akan lebih bagus mengingat pipa itu rentan putus terutama di sambungannya. “Pipa yang terpasang di pinggir jalan itu mudah putus atau rusak ketika terkena banjir atau tanah longsor,” tukasnya. 

Danu Sukoco Hubungan Masyarakat (Humas) PT GCI saat dimintai keterangan belum memberikan jawaban. Sebelumnya, Danu menyatakan, pihak rekanan akan berupaya memperbaiki sebaik mungkin agar tidak terjadi kebocoran lagi saat diterjang longsor. “Itu salah satu upaya kami,” ujar Danu beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, pipa penyaluran minyak mentah dari wilayah sumur minyak tua Kawengan, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro, menuju kilang Pusat Penampungan Produksi (PPP) Menggung, Cepu, Blora, Jawa Tengah, terputus. Akibatnya, pipa besi dengan diameter 5 dim itu menyemburkan minyak mentah di sekitarnya.

Hal itu tentu harus direspon dengan baik. Apalagi, PT Pertamina EP Cepu adalah  salah satu anak perusahaan PT Pertamina (Persero) yang bergerak di bidang eksplorasi dan produksi minyak dan gas bumi. Maka dari itu PT Pertamina EP Cepu berkomitmen untuk memberikan kontribusi bagi peningkatan produksi minyak dan gas bumi nasional.  (Red-HB13/Sindo/Foto: Antara News).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: PT Pertamina Eksplorasi dan Produksi Cepu dan PT Geo Cepu Indonesia (GCI) Harus Rajin Mengecek Sumur Tua Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora