Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Monday, 23 February 2015

Olimpiade IPS SMP-MTs Tingkat Nasional 2015



Olimpiade IPS SMP-MTs Tingkat Nasional 2015 ini digelar oleh Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Semarang. Olimpiade tersebut akan diadakan pada Sabtu 28 Maret 2015.


Sesuai rencana, Olimpiade IPS SMP-MTs Tingkat Nasional 2015 ini akan digelar pada Sabtu 28 Maret 2015 pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB bertempat di Gedung C7 Lantai 3, FIS Unnes, Kampus Sekaran, Kec. Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Pada tahun ke 7, Olimpiade IPS diselenggarakan untuk tingkat nasional. Materi lomba dalam kegiatan ini bersumber silabus Olimpiade Sains Nasional (OSN) dan pengetahuan umum populer. Olimpiade yang digelar Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang (FIS Unnes) ini pesertanya adalah berasal dari SMP-MTs seluruh Indonesia.

FIS Unnes tahun ini kembali melaksanakan Olimpiade IPS Tingkat SMP-MTs, yang kali ini pesertanya meliputi pelajar SMP-MTs seluruh Indonesia. Olimpiade IPS Tingkat SMP-MTs tingkat nasional tahun 2015 ini, berangkat dari pemikiran, bahwa pembangunan membutuhkan modal sosial, yaitu kecerdasan sosial dan moral sosial. Kecerdasan sosial merupakan hasil dialog dengan rasionalitas, sedangkan moralitas sosial merupakan hasil dialog dengan hati dan perasaan. Kecerdasan dan moral sosial akan teruji melalui mekanisme interaksi antar manusia.

Olimpiade IPS ini memiliki beberapa tujuan. Pertama, sebagai ajang persiapan bagi siswa dan sekolah  meng hadapi Olimpiade Sain Nasional (OSN). Kedua, menciptakan iklim akademik yang kompetitif dan sehat antar sekolah khususnya bidang IPS untuk  memacu semangat berprestasi.

Ketiga, meningkatkan minat siswa dan sekolah untuk menekuni bidang studi IPS. Keempat, mempererat jalinan kerjasama dan kemitraan antara Unnes dengan sekolah, khususnya jenjang SMP-MTs se Indonesia.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi calon peserta. Pertama, peserta adalah siswa SMP-MTs  yang di buktikan dengan Surat Keterangan Kepala Sekolah  yang bersangkutan. Kegiatan bersifat individual, bukan kelompok atau tim. Kedua, setiap sekolah dapat mengirimkan peserta maksimal 5 siswa.

Ketiga, jika sekolah mengirimkan lebih dari 1 siswa, maka sekolah boleh mengirim maksimal 2 guru pembimbing. Keempat, kontribusi peserta Rp. 150.000,- untuk 1 peserta.

Baca dan download Brosur Olimpiade dan Panduan Olimpiade IPS 2015. Atau kunjungi https://olimpiadeipsunnes.wordpress.com.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Olimpiade IPS SMP-MTs Tingkat Nasional 2015 Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora