Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Tuesday, 24 February 2015

Lomba Karya Jurnalistik Siswa 2015 oleh Kemendikbud



Lomba Karya Jurnalistik Siswa (LJKS) 2015 oleh Kemendikbud ini sudah dipublikasikan di berbagai media massa. Bagi siswa-siswi di seluruh Indonesia, yang suka jurnalistik, terutama yang tertartik Lomba Karya Jurnalistik Siswa (LKJS) SMP kini kembali digelar. Lomba ini terbuka bagi siswa SMP negeri atau pun swasta, SMP Terbuka, dan SD-SMP Satu Atap di seluruh Indonesia.


Lomba Karya Jurnalistik Siswa (LKJS) SMP adalah suatu ajang kompetisi karya jurnalistik tingkat SMP secara nasional melalui penilaian produk jurnalistikuntuk memperoleh hasil yang
terbaik. Karya siswa adalah buletin.

Tema LKJS 2015 adalah “Kegiatan Jurnalistik Sebagai Upaya Mempercepat Pengembangan Karakter Siswa”.

Lomba ini diharapkan agar siswa memiliki pemahaman jurnalistik yang baik. Selanjutnya, siswa mampu membuat  karya jurnalistik di masing-masing sekolah dan munculnya siswa yang memiliki prestasi  jurnalistik yang baik.

Bagi siapa saja yang berminat, ada beberapa hal yang harus dilakukan.
Pertama, bentuk lah tim redaksi.

Kedua, tentukan halaman buletin berjumlah 12 atau 16 halaman, yang penting berisi berita, karangan khas (feature), dan opini. 

Ketiga, tema yang diangkat diutamakan yang terkait pendidikan karakter di sekolah masing-masing seperti prestasi siswa dan guru, budaya membaca di sekolah, dan organisasi sekolah.

Keempat, kirim buletin ke alamat: Panitia Pusat LKJS SMP  Tahun 2015, Direktorat Pembinaan SMP, Ditjen Dikdas, Kemdikbud, Gedung E Kemdikbud Lantai 17, Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta, 10270. Telepon (021) 5725683 dan faksimile (021) 57900459.

Dalam pengiriman karya jurnalistik, harus melampirkan surat pengantar kepala sekolah dan alamat lengkap sekolah, di antaranya nama sekolah, alamat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, e-mail, laman, telepon/ponsel, dan kode pos. Karya itu diterima panitia paling lambat 31 Agustus 2015.

Seleksi
Panitia, juga melaksanakan seleksi. Seleksi tahap pertama, naskah dinilai dewan juri. Hasilnya adalah karya unggulan yang berhak maju ke tahap berikutnya sebagai finalis LKJS tingkat nasional. 

Seleksi tahap dua, para finalis akan melakukan presentasi atas karya mereka di hadapan dewan juri. Para pemenang akan mendapatkan hadiah berupa medali (emas, perak, perunggu), piagam, dan penghargaan lain dari Kemendikbud.

Untuk membaca petunjuk, silahkan download Buku Panduan LJKS 2015.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Lomba Karya Jurnalistik Siswa 2015 oleh Kemendikbud Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora