Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Sunday, 22 February 2015

Pipa Minyak Mentah Cepu-Bojonegoro Putus dan Menyemburkan Lantung



Bojonegoro, Harianblora.com – Pipa minyak mentah Cepu-Bojonegoro putus dan menyemburkan lantung atau minyak mentah. Pipa tersebut putus, adalah pipa yang mengalirkan minyak mentah atau lantung dari wilayah sumur minyak tua Kawengan, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro menuju kilang Pusat Penampungan Produksi (PPP) Menggung, Cepu, Kabupaten Blora.  
 
Pipa penyaluran minyak mentah yang sempat terputus dan mengeluarkan minyak mentah.
Akibat putus, pipa tersebut menyemburkan minyak mentah. Pipa yang memiliki diameter 5 dim itu adalah pipa minyak mentah itu milik PT Pertamina Eksplorasi dan Produksi (EP) Asset 4 Field Cepu selaku pemegang wilayah pertambangan sumur tua Kawengan di Kecamatan Kedewan. Setiap harinya, minyak mentah disalurkan melalui pipa tersebut.

Setiap warga Blora maupun Bojonegoro yang melintas di sekitar Jalan Raya Kecamatan Kasiman-Malo harus waspada dan berhati-hati. Sebab, pipa  yang menyalurkan minyak tersebut terputus dan menyemburkan minyak mentah  hingga ke jalan raya.

Penyebab Putus
Awalnya, putusnya sambungan pipa itu lantaran sebelumnya jalan raya poros Kecamatan Kasiman- Malo, tepatnya di kawasan Desa Tambakmerak, Kecamatan Kasiman, tergerus air hujan hingga meluber ke jalan.

Dikarenakan tak kuat menahan empasan air hujan, juga beban kendaraan yang melintas, tanah yang berada di pinggir jalan raya merekah dan longsor bersamaan dengan pipa yang tertanam di pinggir jalan tersebut. Saat itu pula sambungan pipa terputus dan menyemburkan minyak mentah di pinggir jalan.

Nurwadi, warga setempat mengaku minyak itu putus dan menyembur ke lokasi sekitar. “Pipa minyak mentah itu putus dan menyembur ke mana-mana,” ujar  dia seperti yang dilansir Sindo.



Sudah Disambung

Kades Tambakmerak, Susanto, menuturkan kejadian tersebut benar. Ia mengaku, hal itu terjadi karena adanya longsoran jalan raya poros antarkecamatan sudah disambung. “Kalau tidak salah, kemarin itu kurang lebih sekitar satu jam pipa itu bisa tersambung lagi. Kini jalur minyak (pipa) itu sudah kembali normal seperti semula,” paparnya, Sabtu (21/2/2015).

Public and Staf Relations PT Pertamina EP Asset 4 Field Cepu, Aulia Arbiani, saat dikonfirmasi  belum bisa memberikan tanggapan. Pipa penyalur minyak mentah itu sudah kembali terpasang. Namun, longsoran tanah masih tampak berantakan tak karuan lantaran belum diperbaiki.

Tak hanya itu, lantung disekitar lokasi juga banyak yang tercecer dan menimbulkan bau tidak sedap. Hal itu tentu tak membuat nyawan warga yang melintas di jalan tersebut.

Bahkan, banyak warga menjadikan tontonan gratis untuk melihat kondisi pipa tersebut. Meskipun sudah disambung, namun warga menghendaki jika pipa tersebut segera diselesaikan dan jalan segera dibenai. (Red-HB13/Foto: Sindo).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Pipa Minyak Mentah Cepu-Bojonegoro Putus dan Menyemburkan Lantung Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora