Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Friday, 6 February 2015

Cara Menulis adalah Santai



Oleh Fitria Ningsih
Penulis adalah Aktivis Lembaga Pers Mahasiswa Islam (LAPMI) Cabang Tulungagung

Santai dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti bebas dari rasa ketegangan. Kata santai biasanya diidentikan dengan duduk-duduk sambil nonton, bermalas-malasan. Namun tidak semua santai identik dengan kemalasan.

Menurut saya santai itu menikmati dengan rileks aktivitas yang dilakukan. Santai itu tidak terburu-buru dalam melaksanakan suatu aktivitas, dan menikmati proses beraktivitas tanpa tekanan.

Dalam menjalankan aktivitas santai sangat saya sukai, namun meski santai harus selesai tepat waktu, "santai yang penting selesai", selesai tepat waktu. Melakukan aktivitas dengan santai dan tepat waktu memang tidak mudah. Seringkali saya melakukan santai yang keterlaluan, yang namanya bukan santai lagi tapi malas. 

Santai yang keterlaluan itu adalah ketika diberi jangka waktu untuk mengerjakan tugas, mengerjakannya asal-asalan, terburu-buru, sehingga hasilnya kurang maksimal, bahkan tidak selesai. Hal ini biasanya terjadi karena menunda-nunda waktu untuk mengerjakan " nanti saja kan masih ada waktu,santai saja".

Kata-kata semacam ini biasanya membuat proses pengerjakan suatu tugas tidak santai lagi, tapi jadi terburu-buru. Sebab dengan menunda-nunda pengerjaan tugas, jangka waktu untuk mengerjakan itu juga akan habis. Dengan sisa waktu yang menipis, jadinya tidak santai lagi dalam mengerjakannya, namun jadi asal-asalan pokok mari (red:penting selesai). Jadi, mari belajar santai , santai yang yang tidak keterlaluan "santai yang penting selesai".
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Cara Menulis adalah Santai Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora