Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Thursday, 12 February 2015

Jalan Jambi-Medalem Kedungtuban Blora Putus Karena Longsor



Blora, Harianblora.com - Jalan Dusun Jambi-Medalem, Kecamatan Kedungtuban, Kabupaten Blora putus karena longsor. Hujan deras membuat sungai Bengawan Solo di Blora mengalirkan air dalam debit yang sangat besar. Derasnya arus air membuat jalan desa di tepian sungai putus karena bibir sungai abrasi hingga memicu longsor di badan jalan. 
 
Jalan penghubung dusun Jambi-Medalem putus
Akibat kejadian itu, jalan desa yang menghubungkan Dusun Jambi dan Medalem di Desa Medalem, Kecamatan Kedungtuban, Rabu (11/2/2015) putus dan tidak bisa dilalui warga setempat. Jalan yang memiliki lebar 5 meter ini putus, karena diguyur air sungai Bengawan Solo yang sangat deras.


Hujan yang terjadi di wilayah Kabupaten Blora dalam beberapa waktu terakhir ini, mengakibatkan air sungai Bengawan Solo meluap ke daratan dan menjadikan abrasi daerah sekitar sungai.

Warga yang sehari-hari melewati jalan tersebut, saat ini terpaksa harus memutar sejauh 2 Km untuk beraktivitas dan membeli belanja. Sebab, daerah Dusuh Jambi dan Medalem hanya ditempuh lewat jalan itu dalam jarak dekat.

Sebelumnya, warga sudah mengira jalan tersebut akan ambrol, karena sudah digerus air sungai dan warga sempat menamcapkan bambu untuk menahannya. Namun tidak berhasil dan saat ini sudah ambrol. Jalan tersebut ambrol hampir 25 meter dengan kedalaman 10 meter.

Anik Juarti, warga setempat mengakui bahwa tanah longsor itu akibat hujan yang deras. “Hujan satu kali deras sekali, terus hujane berhenti langsung longsor,” katanya. Aslinya, kata dia, Medalem dan Jambi itu satu desa, namun sudah dipisah orang tua dulu.

Warga berharap, debit air sungai Bengawan Solo tak bertambah. Warga juga berharap pemerintah segera datang memberi bantuan, minimal memberi bambu atau kayu untuk menahan tanah. Sebab, warga juga takut ada longsor susulan. (Red-HB30/Foto: Harianblora.com).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Jalan Jambi-Medalem Kedungtuban Blora Putus Karena Longsor Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora