Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha. Semoga Kita Semua Mendapat Berkah Qurban.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Monday, 2 February 2015

Keluarga Mahasiswa Blora (KAMABA) Yogyakarta Blusukan ke SMA di Blora

Blora, Harianblora.com – Keluarga Mahasiswa Blora (KAMABA) Yogyakarta Blusukan ke SMA dan sederajat di Kabupaten Blora tak lama ini. Sesuai rillis dari KAMABA Yogyakarta, mereka juga membagikan buku kepada siswa.
 
Sosialisasi oleh KAMABA Yogyakarta di Beberapa SMA di Blora
Siswa Kelas XII SMA, SMK dan MA adalah sumber utama penerimaan mahasiswa baru. Disela liburan kuliah sepanjang bulan Januari 2015 Keluarga Mahasiswa Blora (KAMABA) Yogyakarta meluangkan waktu untuk berkunjung ke SMA sederajat di wilayah Blora dalam rangka Sosialisasi Perguruan Tinggi Yogyakarta.

Agenda tersebut dikemas dengan pengenalan dan penjelasan tentang kampus di Yogyakarta kepada siswa Kelas XII di SMA/SMK dan MA yang dilakukan dengan presentasi mencerahkan. Asumsi utamanya adalah semakin besar pengetahuan siswa tentang kampus Yogyakarta diharapkan besar pula keputusan mendaftar sebagai mahasiswa baru. 

Menurut Pandji Akbar salah satu pengurus KAMABA mengatakan sosialisasi tersebut dilakukan di sekolah yang berada di pinggiran. “Sosialisasi dilaksanakan skala prioritas pada sekolah-sekolah yang berada di wilayah pinggir Blora. Seperti Japah, Todanan, Kunduran, Randublatung, Kedungtuban berdasarkan surveo di wilayah belum pernah dijadikan target sosialisasi kampus dari berbagai instansi, lembaga, maupun Perguruan Tinggi”, ujar dia.

Dalam sesi tanya jawab, peserta mengeluarkan unek-uneknya selama ini tentang rencana pascalulus SMA. Ada yang bingung dengan biaya, jarak, pilihan jurusan yang berbeda dengan  keinginan orang tua, dan ada yang tidak ingin melanjutkan kuliah. Yang menarik adalah jurusan-jurusan yang mereka pilih adalah jurusan-jurusan yang berorientasi PNS, misalnya Akper, Akbid, Polisi, dan keguruan.

Tegar Brian Kusuma selaku koordinator sosialisasi juga mengatakan, profesi PNS menjadi impian para pelajar dan dinilai prestise. “Rupanya PNS adalah profesi yang sangat prestise di kalangan siswa-siswi. Apa pun jurusan yang mereka pilih, saya hormati. Hanya saja saya sedikit pesan pada mereka dimanapun kuliahnya keseriusan dan pengalaman adalah kunci utama menuju kesuksesan”, ujar Tegar.

Di samping sosialisasi, KAMABA juga memiliki langkah lain, yakni menjalin kerjasama dengan Dinas Pendidikan DIY pengaaan buku Direktori Akademik yang memuat informasi lengkap seluruh kampus Yogyakarta.

Bahtiar Rizal selaku Ketua Umum juga mengatakan pihaknya juga telah melakukan sinergi terhadap Dinas Pendidikan DIY. “Kami juga bekerjasama dengan Dinas Pendidikan DIY untuk pengadaan buku Direktori yang nantinya akan kita bagikan ke SMA sederajat di Blora guna referensi bagi anak didik,” papar aktivis muda tersebut.

Buku yang kami terima sebanyak 50 eksemplar, kata Rizal, kita salurkan ke SMA, MA, SMK Blora serta Perpustakaan Daerah, masing-masing sekolah mendapatkan 2 eksemplar. “Jadi, buku tersebut hanya mencukupi untuk 25 sekolah, untuk tahun berikutnya kami mengajukan lebih banyak untuk pemerataan seluruh SLTA di kabupaten Blora,” tambah Bahtiar Rizal.

Sementara dari pihak sekolah memiliki feedback yang luar biasa, pihak sekolah sangat menyetujui dan mendukung kegiatan ini. Sebab, dengan adanya kegiatan ini siswa-siswi sangat terbantu dalam mencari tempat kuliah maupun dalam membuka wawasan perkuliahan juga (Red-HB10/KAMABA Yogyakarta/Foto: KAMABA).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Keluarga Mahasiswa Blora (KAMABA) Yogyakarta Blusukan ke SMA di Blora Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora