Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Saturday, 7 February 2015

Terong Dicabein, Sayur Kesukaan Masyarakat Blora



Blora, Harianblora.com - Terong dicabein adalah salah satu sayur kesukaan masyarakat Kabupaten Blora. Sayur ini merupakan salah satu masakan khas kuliner Blora. Cara membuatnya pun relatif mudah. Mulai dari menyiapkan terong yang sudah tua, dikupas dan terus dimasak bersama bumbu yang telah disiapkan.


Terong dicabein atau sayur terong juga menjadi makanan khas di Pati, Kudus, Rembang, Demak, Jepara dan juga Semarang. Namun bedanya sayur terong Blora biasanya lebih pedas dan menendang di langi-langit mulut.

Terong dicabein memang enak dan pedas. Menurut Wawan (24) salah satu penggemar terong dicabein mengatakan masakan terong di Blora sangat beda. “Kalau di Semarang dan Solo agak manis, tapi kalau di Blora ya rata-rata pedas,” ujar dia kepada Harianblora.com, Sabtu (7/2/2015).

Meskipun tidak semua, kata Wawan, namun bagi saya terong menjadi sayur kesukaan masyarakat Blora. “Enak dan tidak enak, itu kan bergantung yang memasak. Kalau terong dimasak dengan racikan bumbu alami dan khas, pasti maknyus bro,” jelas dia.

Di beberapa literatur, terong didefinisikan sebagai salah satu jenis sayuran bewarna ungu yang memiliki kandungan nutrisi yang besar. Pasalnya, tumbuhan ini juga mengandung kalsium, mineral, kaya serat, bioflavonoid dan juga vitamin K.

Tak hanya disayur, terong biasanya juga dibakar atau digoreng kemudian digunakan untuk pelengkap lalapan atau lalap terong. Makanan ini sangat pas untuk memanjakan lidah yang bisa bergoyang ketika makan terong dicabein terlalu pedas. (Laporan Khusus Redaksi Harianblora.com/Foto: Harianblora.com).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Terong Dicabein, Sayur Kesukaan Masyarakat Blora Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora