Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha. Semoga Kita Semua Mendapat Berkah Qurban.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Thursday, 12 February 2015

Cara Menulis Artikel dengan Komitmen

Oleh Fitria Ningsih
Aktivis Lembaga Pers Mahasiswa Islam (LAPMI) Cabang Tulungagung

Cara menulis artikel dengan komitmen dengan mudah ini ditulis oleh salah satu aktivis melalui beberapa catatan menarik yang bisa Anda baca di bawah ini.

Komitmen menurut KBBI adalah perjanjian untuk melakukan sesuatu. Dari pengertiannya, menurut saya berat ketika melihat kata perjanjian. Tiga minggu yang lalu saya membuat komitmen dengan sahabat saya. Komitmen belajar nulis bersama "satu hari satu catatan". Meski masih berjalan seumur jagung, rasanya ngoyo bisa sampai sekarang. Komitmen tersebut sudah pernah saya langgar sekali, tepatnya pada hari Senin, 10 Februari 2015. Pada hari itu saya tidak membuat catatan meski 1 huruf.

Beberapa hari saya tidak menulis catatan sebelum ditagih oleh sahabatku, namanya Syamsu. Parahnya hari ini, saya abaikan pesan tagihan darinya. Sangat parahnya tanggal 10 kemarin. Mungkin kalau saya berkomitmen belajar nulis sendirian, bukan belajar nulis bersama, saya sudah gugur dari kemarin-kemarin.

Namun karena saya belajar bareng sahabat saya. Bagaimanapun, sesederhana apapun tetap saya usahakan untuk belajar nulis meski 1 paragraf. Jadi dapat disimpulkan, sejauh ini saya bisa bertahan menjaga komitmen membuat catatan sederhana sehari satu catatan karena sobat Syamsu.

Menjaga komitmen memang saya akui tidak mudah. Godaan untuk melanggar komitmen selalu datang. Terutama godaan malas, dan kurangnya pengetahuan yang berakibat miskinya ide. Ketika miskin ide, bingung mau nulis apa?

Semua empu penyebabnya ada pada rasa malas. Ada beberapa buku bacaan baru yang sudah saya beli, namun enggan bergerak untuk membacanya. Jika ini terjadi biasanya, saya memilih beralih ke yang lain, setelah mood lagi baru saya buat catatan seperti ini.

Pada catatan kali ini saya ucapkan terimaksih pada sobat Soe. Mudah-mudahan tidak bosan mengingatkan saya untuk selalu belajar nulis. Terimakasih Sobat Tulungagung, 12 Februari 2015
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Cara Menulis Artikel dengan Komitmen Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora