Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha. Semoga Kita Semua Mendapat Berkah Qurban.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Thursday, 12 February 2015

Perbedaan Kos Mahasiswa Vs Pondok Pesantren



Oleh: Abdullah
Mahasiswa STAIN Tulungagung

Perbedaan Kos Mahasiswa  Vs Pondok Pesantren
Kata vs (versus) dalam kamus bahasa Indonesia diartikan sebagai lawan. Begitu juga pandang khalayak mengenai kata ini. Ada sebagian orang yang mengartikan lawan, pertandingan atau perbadingan. Nah, dari sekian banyak pendapat yang ada kata vs di atas saya artikan dengan perbandingan.


Pondok pesantren selalu identik degan kitab kuning, madrasah diniyah, mengaji al-Qur'an, ro'an (kerja bakti) dan takzir (hukuman). Di balik itu semua, ternyata keramaian dan kebersamaan menjadi ciri khas anak pondok pesantren. Makan bersama, tidur bersama, mandi mengantri seraya bergurau dan masih banyak lagi keseruan dalam dunia pondok pesantren. Itulah alasan mengapa anak pesantren banyak temannya dan selalu bergerombol.

Lain halnya dengan dunia kos. Dunia kos ternyata tidak seseru dunia pesantren. Sepi, sendirian dan individualislah yang ada di kos-kosan. Anak kos juga tidak banyak memliki teman. Kalaupun ada, temannya hanya itu-itu saja teman kampus atau sekolahnya sendiri.

 Namun kesepian, kesunyian dan kesendirian membuat anak kos lebih fokus untuk belajar pada satu tujuan dan fokus menjalani organisasi yang dia jalani. Akan tetapi itu semua tidak bisa dipukul rata, karena ada sebagia orang yang kos karena ingin merasakan kebebasan dan merenung dalam kesendirian, seperti saya. 

Dari perbandingan yang ada, saya teringat kata-kata yang pernah dikatakan oleh seorang kiai dalam acara haul. Beliau mengatakan "dimanapun tempatnya dan bagaimanapun keadaannya jika kamu tidak memanfaatkan waktu sebaik-baiknya, maka hidupmu akan sia-sia.”

Sekian
Tulungagung, 12-02-2015
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Perbedaan Kos Mahasiswa Vs Pondok Pesantren Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora