Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Saturday, 14 February 2015

Polres Blora Bentuk Grup Barong Bratha Singo



Blora, Harianblora.com -  Jumlah grup kesenian barongan Blora kini semakin bertambah. Tak hanya masyarakat biasa, pegiat seni, budayawan, politisi, namun kini kepolisian juga tertarik dengan seni asli Kabupaten Blora ini.
 
Polres Blora bersama gemelan dan alat musik lain
Ya, baru-baru ini Polres Blora membentuk grup barong Bratha Singo  yang didedikasikan untuk melestarikan atau nguri-nguri seni Kabupaten Blora. Perkembangan kesenian ini tidak hanya di kalangan bawah, namun kini Polres Blora sudah interes dengan bukti berdirinya grup barongan Broto Singo. 

Di Kabupaten Blora sendiri, kurang lebih terdapat 625 grup atau paguyuban barongan. Padahal, Kabupaten Blora secara administratif hanya memiliki 295 desa. Hal itu jika dibagi secara rata, berarti per desa memiliki minimal 2 sampai 3 grup barongan. Memang luar biasa. Blora kota barongan

Apalagi, beberapa budaya tradisi mensyaratkan keterlibatan kesenian barongan di dalamnya. Tradisi lamporan, ritual tolak bala yang berasal dari Desa Kunden, misalnya, mengharuskan keterlibatan barongan. Bahkan, justru Singo Barong yang dianggap sebagai pengusir tolak bala.

Kapolres Blora, AKBP Mujiyono juga menyatakan cintanya kepada barongan Blora. Bahkan, di saat kesibukan datang, justru Kapolres mengajak anggota berlatih karawitan seni barongan. Menurut dia, upaya itu selain melestarikan seni budaya seni barong asli Kabupaten Blora, juga sebagai sarana komunikasi Perpolisian Masyarakat (Polmas) dalam menjalankan tugas sehari-hari.

Grup barongan yang diberi nama Bratha Singa ini merupakan grup barong yang didirikan Polres Blora yang juga beranggotakan polisi.  Kami berharap lewat seni barong, katanya, akan lebih mudah dalam berkomunikasi dengan masyarakat.

Menurut Kapolres, saat ini seluruh jajaran Polres Blora tengah gencar- gencarnya menyosialisasikan pentingnya menjaga keamanan dan ketrtiban di lingkungan masing- masing lewat wadah yang diberi nama Perpolisian Masyarakat (Polmas). Polmas ini dibentuk di setiap desa, di mana beranggotakan warga masyarakat setempat dengan didampingi satu anggota Polisi.

Tujuannya, menurut Kapolres AKBP Mujiyono adalah jika sewaktuwaktu terjadi gangguan Kamtibmas akan segera dapat diselesaikan.

"Lewat seni barong, di mana pemainnya para anggota dapat digunakan sebagai salah satu sarana aparat Polres untuk menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas," paparnya. (Red-HB12/Foto: Humas Polres Blora).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Polres Blora Bentuk Grup Barong Bratha Singo Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora