Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Sunday, 15 February 2015

Melestarikan Barongan Blora Caranya Ya Harus Rajin Nanggap



Blora, Harianblora.com –  Melestarikan Barongan Blora caranya ya harus rajin nanggap. Kalau cinta Barongan Blora, ya harus rajin nanggap, jangan sekadar ngomong-ngomong doang dan retorika belaka. Hal itu diungkapkan peneliti seni Blora, Muhammad Harun. Selaku akademisi, ia sangat mengapresiasi keberadaan grup barong Blora meskipun sampai tahun 2015 ini belum ada data resmi dan valid.

Barongan Blora menjadi hiburan masyarakat Blora.
Barongan Blora, kata dia, itu bisa bertahan eksis kalau ada tanggapan dari masyarakat. “Dukungan Pemkab Blora sudah bagus dengan digelarnya even tiap tahun tentang festival Barongan, namun hal itu hanya momentum. Yang abadi justru tanggapan tiap hari, tiap minggu dan tiap bulan dari masyarakat se Blora,” ujar dia, Sabtu (14/2/2015) sore.

Sebetulnya, kata dia, barongan ini sudah menjadi ikon di Jawa Tengah. Namun hal itu harus dikenal, dipahami, dan didalami warga Blora sendiri. “Kalau warga Blora ke luar kota, terus ditanya soal barongan Blora tapi tidak tahu kan memalukan,” beber pria tersebut.

Kalau mau sekader nonton, lanjut dia, bisa saja lewat youtube. “Tapi yang sangat bermanfaat ya aktif nanggap, mulai dari acara nikahan, khitan, sedekah desa maupun acara syukuran,” tandas pria yang bergelut di dunia seni itu.

Saya memang tidak pernah dan tidak bisa main barongan apalagi membuat, beber dia, namun tiap saya mengkhitankan anak, sudah tiga kali saya nanggap barongan Blora.

Maka dari itu, minimal harus cinta. “Ya, seneng wae itu sudah bagus, syukur-syukur mau nanggap. Pasalnya, kalau nanggap dan ada barongan pentas, itu sudah menjadi kampanye berjalan,” tukas dia.
 
Warga Blora harus sadar, ujarnya, hanya Blora yang memiliki ratusan grup Barongan. “Bahkan hanya Blora yang mengawali berkibarnya seni barong,” pungkas dia. (Red-HB13/Foto: Harianblora.com).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Melestarikan Barongan Blora Caranya Ya Harus Rajin Nanggap Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora