Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Tuesday, 17 February 2015

Museum Mahameru Wisata Blora yang Menarik Wisatawan Blora, Pati, Grobogan, Bojonegoro, Rembang, Demak dan Sekitarnya



Selain Taman Sarbini, Waduk Greneng, dan lainnya, Museum Mahameru juga termasuk wisata Blora yang menarik wisatawan Blora, Pati, Grobogan, Bojonegoro, Rembang, Demak dan sekitarnya. Lokasinya yang dekat dengan komplek Taman Budaya dan Seni Tirtonadi di jantung Kota Blora menjadikan wisata menarik ini makin banyak dikunjungi wisatawan.
 
Museum Mahamere. Foto: MM.
Blora sebenarnya memiliki beberapa objek wisata yang mengagumkan. Namun hanya segelintir orang yang tahu, salah satu adalah Museum Mahameru ini yang dekat dengan lokasi alun-alun Blora yang sangat mudah dijangkau oleh transportasi.

Selain itu, banyak pula koleksi-koleksi menarik yang membuat para wisatawan betah melihat dan mengamati benda-benda tersebut. Di dalam museum ini menyimpan sejuta filosofi, sejarah dan banyak sekali objek benda yang bisa dijadikan penelitian jangka panjang. 

Mengapa? Sebab, di museum tersebut, wisatawan bisa belajar banyak hal, mulai dari benda-benda unik cagar budaya, arkeologi dan sebagainya. 

Koleksi Benda Cagar Budaya
Lokasi Museum Mahameru adalah di Jalan Reksodiputro Blora
yang juga mengoleksi beberapa benda cagar budaya yang lumayan banyak. Tak hanya itu, banyak fosil hasil temuan di Blora juga dikoleksi di museum ini. Musem yang dibangun berlantai dua tersebut mengoleksi benda cagar budaya yang sudah mencapai ratusan buah. 
 
Salah satu benda unik di Museum Mahamere. Foto: MH.
Tak hanya arca gansesa, arca unfinish, prasasti kayu, kemucuk canda batu, tulang belakang gajah, gigi gajah, serta koleksi bersejarah unik lainnya, museum ini juga menyimpan fosil kepala kerbau purba yang ditempatkan di depan pintu masuk yang semakin asik dinikmati pengunjung.

Selain itu, museum yang ukurannya tidak terlalu besar ini juga menyimpan koleksi pecahan keramik yang diperkirakan peninggalan zaman Dinasti Ming, sebagian peninggalan Dinasti Tsung dan Dinasti Tsing. Jadi meskipun luas dan besarnya relatif kecil, namun museum ini menyimpan benda-benda penting yang bisa diteliti.


Anda tahu wayang krucil? Ya, di dalam museum ini juga ada replika wayang krucil. Uniknya, wayang ini di sana sangat diistimewakan alias dikeramatkan. Sehingga, tidak semua orang bisa melihatnya secara langsung. 

Apakah Anda tertarik? Ya, meskipun sederhana, namun Museum Mahameru adalah wisata Blora yang menarik wisatawan dari Blora, Pati, Grobogan, Bojonegoro, Rembang, Demak dan sekitarnya. Jadi, museum ini menjadi salah satu referensi Anda untuk mengenal lebih jauh tentang dunia arkeologi dan benda-benda cagar budaya.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Museum Mahameru Wisata Blora yang Menarik Wisatawan Blora, Pati, Grobogan, Bojonegoro, Rembang, Demak dan Sekitarnya Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora