Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha. Semoga Kita Semua Mendapat Berkah Qurban.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Sunday, 1 February 2015

Narasi di Penghujung Bulan Januari 2015



Oleh Fitria Ningsih
Aktivis Lembaga Pers  Mahasiswa Islam (LAPMI) Cabang Tulungagung

Tidak terasa sudah sampai ke penghujung bulan Januari. Esok hari sudah masuk bulan Februari. Sepertinya bulan Januari berlalu begitu cepat. Banyak pelangi di bulan januari. Awal bulan saya habiskan waktu di kampung halaman, tepat pertengahan bulan tanggal 19 Januari 2015 saya mengikuti pelatihan enterpreneur bersama 35 teman saya di desa Rejotangan Kabupaten Tulungagung.

Minggu pertama di tempat pelatihan diajari teori dan praktek tentang pertanian atau biasa disebut agrobisnis. Rasanya biasa-biasa saja ketika minggu pertama di tempat pelatihan. Mungkin karena teori dan prakteknya bukan hal baru buat saya, dan itu-itu saja.

Tidak seperti yang saya bayangkan, akan di ajari sesuatu yang baru, namun meski begitu tetap ada yang berkesan. Sesuatu yang berkesan itu adalah tinggal bersama teman-teman yang luar biasa. Sungguh beruntung bisa tinggal bersama mereka. Mungkin tidak berlebihan jika saya menyebut mereka teman-teman yang luar biasa, karena dari mereka saya bisa belajar banyak hal.

Minggu kedua di tempat pelatihan diajari teori dan praktek tentang perikanan. Karena waktu pembelajaran perikanan hanya 1 minggu, difokuskan pada perikanan ikan lele dan gurami. Minggu kedua ini saya lebih menikmati dari pada minggu sebelumnya. Saya yang “nol putul” tentang perikanan jadi sedikit membuka mata pada bidang perikanan.

Saya dan teman-teman diajari cara pembibitan ikan, praktek pemijahan ikan, membuat pakan ikan alternatife sampai pada teori panen ikan dan penghitungan pengeluaran-penghasilan jika menggunakan alternatif-alternatif perikanan.

Minggu ketiga, yang di mulai hari ini diajari tentang kerajianan pembuatan batu akik. Hari ini pengenalan macam-macam batu. Di belakang tempat pelatihan banyak batu-batu berwarna, juga ada batu-batu yang berbentuk besar yang atasnya runcing-runcing seperti liontin.

Karena letak batu-batu itu di dekat praktek pembuatan pakan ikan alternatife,, dan karena saking banyaknya batu tak jarang ketika praktek membuat pakan, batu–batu tersebut kami gunakan untuk duduk-dukuk dan bersantai sambil menunggu giliran praktek. Ternyata jika diolah atau dibentuk batu-batu yang saya duduki itu bernilai ratusan ribu rupiah. Memang tanpa pengetahuan (ilmu) dan skill sesuatu yang berharga tidak terlihat berharga… hehe

Banyak batu-batu yang sepertinya sepele, ternyata bernilai jutaan rupiah. Batu besar yang telah dipotongi dan diolah, dibentuk sebesar kelereng saja harganya ratusan ribu juga ada yang jutaan. Saya heran awalnya cuma gitu saja kok mahal banget. Ternyata setiap batu akik yang mahal ada keistimewaanya, entah apa saja keistimewaan selain bentuk dan warnanya aku juga kagak tahu… apa mungkin ada penunggunya?? hehe

Rejotangan, 31 Februari 2014
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Narasi di Penghujung Bulan Januari 2015 Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora