Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha. Semoga Kita Semua Mendapat Berkah Qurban.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Thursday, 5 February 2015

Setelah Gubernur Jateng Mengajar, Perlu Digagas Bupati Blora Mengajar di Kabupaten Blora



Blora, Harianblora.com  Setelah Gubernur Jateng Mengajar, perlu digagas Bupati Mengajar di Kabupaten Blora. Pada Kamis (5/2/2015), kedatangan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, SH, MIP, memberi sinyal positif bagi pendidikan, khususnya di Kabupaten Blora. Sebelumnya, Ganjar yang juga mantan DPR RI tersebut juga mengajar di SMA Negeri 1 Pati.
Ganjar Pranowo saat mengajar di SMAN 1 Blora, Kamis (5/2/2015).
Menurut Astika Mara Nur Fatima, siswi SMA Negeri 1 Blora, kedatangan Gubernur Jateng ke sekolahnya memberi atmosfer berbeda. Sebab, selain mengajar Trias Politica dan Bahasa Jawa, pola pengajaran yang dilakukan Gubernur Jateng memberi contoh bagi pejabat di Kabupaten Blora.

Kedatangan Gubernur Jateng Mengajar sangat bagus. Sebab, para siswa diajarkan cara mengusulkan pendapat yang baik dan benar. “Kita diajarkan cara usul, misalnya tentang jalan rusak dan sebagainya,” kata Mara kepada Harianblora.com.

Mengenai gagasan Bupati Mengajar, Astika Mara juga menanggapi positif hal itu. “Wah bagus itu,” ujar mantan Ketua Osis SMA Negeri 1 Blora tersebut.

Tak hanya Mara, secara terpisah, Ahmad Fauzin Ketua Lingkar Studi Mahasiswa (Lisuma) Cabang Blora juga sependapat jika digagasan Bupati Mengajar. “Jadi ini memang menanti profil Bupati Blora yang peduli 100 persen terhadap pendidikan,” kata dia.

Sebab, lanjutnya, selama ini kedekatan Bupati Blora hanya sekadar formalistik saja. “Sekelas Gubernur Jateng saja mau blusukan ke Blora untuk mengajar, masak bupatinya sendiri tak tergugah untuk menindaklanjuti,” ujar pria kelahiran Blora tersebut.

Menurut Fauzin, jika ada gerakan Bupati Blora Mengajar, nanti tidak hanya bupati saja. “Ya Ketua Dinas, Kapolri, Komandan Kodim, bahkan sampai Pak Camat,” jelas dia.

Wacana ini sebenarnya sangat positif. “Pasalnya, saya melihat belum ada kabupaten/kota lain yang melaksanakannya. Apalagi, tugas Bupati atau Walikota selama ini hanya dinilai untuk membuka dan menutup acara saja, belum sampai ke akar rumput menularkan ilmu teknis birokrasi dan pemerintahan kepada pelajar,” terangnya.

Secara terpisah, Nailul Mukorobin, staf pengajar di FIP Universitas Negeri Semarang juga sependapat. “Kalau mengajar saya kurang setuju, karena yang lebih tepat itu mendidik. Jadi, programnya nanti Bupati Blora Mendidik, bukan mengajar,” bebernya.

Nailul beralasan, kalau mengajar hanya transfer ilmu. “Tapi kalau mendidik itu ya ilmu, afektif dan juga psikomotorik juga. Apalagi guru yang di depan adalah orang hebat, pemimpin,” tandas dia. (Red-HB19/Foto: SMAN 1 Blora).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Setelah Gubernur Jateng Mengajar, Perlu Digagas Bupati Blora Mengajar di Kabupaten Blora Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora