Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Thursday, 12 February 2015

Tingkatkan Swasembada Pangan dan Ketahanan Pangan, Kodim Blora dan Dinas Pertanian Gelar Pelatihan

Blora, Harianblora.com - Kodim 0721/Blora beserta Dinas Pertanian Kabupaten Blora menggelar pelatihan budidaya pagi dan jagung yang digelar 11 Februari 2015 sampai 14 Februari 2015. Pelatihan ini juga memiliki tujuan bagi Babinsa sebagai ujung tumbak di wilayah desa binaan masing-masing agar mengerti tugas nantinya sebagai pendamping kelompok tani di wilayah masing-masing.

Selain meningkatkan kualitas SDM para Babinsa jajaran Kodim 0721/Blora, pelatihan ini juga untuk meningkatkan ilmu pertanian yang belum pernah dimiliki pada Babinsa. Dengan adanya penataran tersebut, para Babinsa bisa mengerti dan tambah wawasannya.Komandan Kodim 0721/Blora Letkol Inf Ariful Mutaqin menyatakan pelatihan tersebut dalam rangka mendukung pemerintah.


"Pelatihan penyuluhan ini diselenggarakan guna mendukung pemerintah dalam melaksanakan Program Ketahanan Pangan Indonesia tahun 2015," papar dia.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Blora Ir. Reni Miharti M, Arg juga menyatakan, kerjasama antara Dinas Pertanian Blora dengan TNI adalah modal besar untuk meningkatkan swasembada pangan dan ketahanan pangan khususnya di Blora. Saat ini, pihaknya lebih fokus pada padi jagung dan kedelai. Sebab, selama ini petani di Blora banyak menanam tanaman pangan itu. Bahkan di beberapa kecamatan merupakan sentra padi, jagung dan kedelai di Blora. 

Tak hanya dibekali ilmu pertanian, pelatihan ini juga bermanfaat karena membekali Babinsa ilmu tentang penyakit, hama pertanian. “Pelatihan-pelatihan akan terus dilakukan bagi Babinsa agar memiliki peningkatan kemampuan dalam bidang pertanian,” ujar Reni.

Pasiter Kodim 0721/Blora Kapten Chb Sudiyono juga menyatakan bahwa Pelatihan Babinsa akan diarahkan meliputi membajak sawah dengan mengoperasikan traktor dan menyempret yang dipandu langsung oleh petugas Dinas Pertanian setempat. Peserta juga diajarkan bagaimana cara mencampur komposisi pupuk yang akan digunakan untuk menyempret tanaman.

Semua itu dilakukan untuk peningkatan skill anggota  para Babinsa, katanya, dalam rangka mendukung swasembada pangan sebagaimana program pemerintah. "Agar para Babinsa siap dalam melakukan pendampingan terhadap para petanian," kata Sudiyono. (Red-HB12/Foto: Serda Sujono). Baca juga:

Pelatihan Budidaya Padi dan Jagung Diikuti Babinsa Kodim 0721 Blora.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Tingkatkan Swasembada Pangan dan Ketahanan Pangan, Kodim Blora dan Dinas Pertanian Gelar Pelatihan Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora