Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Friday, 27 March 2015

Beladiri Yong Moo Do Ditekuni Personel Kodim 0721 Blora



Blora, Harianblora.com – Beladiri Yong Moo Do ditekuni personel Kodim 0721 Blora. Buktinya, pada Kamis (26/3/2015), sebanyak 225 personel jajaran Kodim 0721/Blora mengikuti latihan beladiri ini yang digelar secara antusias di Lapangan Golf Pakatar Blora.
 
Prajurit Kodim 0721/Blora saat latihan beladiri Yong Moo Do, Kamis (26/3/2015).
Yong Moo Do adalah salah satu jenis beladiri yang harus dikuasi TNI, khususnya Angkatan Darat. Sebab, kemahiran TNI Angkatan Darat dalam beladiri Yong Moo Do menjadi salah satu ukuran bagi kenaikan pangkat seorang serdadu di lingkungan TNI Angkatan Darat. Dalam latihan beladiri di Blora ini, sudah lama dijalankan oleh personel di Kodim 0721/Blora.

Para personel Kodim di Jawa Tengah, sudah banyak yang menggeluti beladiri Yong Moo Do ini. Banyak sekali manfaat yang didapatkan. Salah satu Kodim yang aktif melakukan latihan beladiri Yong Moo Do adalah Kodim 0721/Blora yang digelar tak lama ini.

Melalui Danramil 11/Jati Kapten Chb M. Rifa’I, Komandan Kodim 0721/Blora Letkol Inf Ariful Mutaqin menjelaskan sudah menjadi tradiri bahkan mendarah daging dalam jiwa seorang prajurit TNI AD bahwa.

Menurutnya, prajurit harus mahir dan menguasahi olahraga beladiri militer, karena di dalam medan pertempuran selain bertempur jarah jauh dengan menggunakan senjata, juga ada pertempuran jarak dekat dengan menggunakan tangan kosong yaitu beladiri. Sehingga ,secara bertingkat dan berkelanjutan prajurit selalu diasah kemampuan dalam olahraga beladiri selain beladiri militer salah satunya beladiri Yong Moo Do.

Beladiri Yong Moo Do merupakan salah satu jenis beladiri gabungan atas beladiri jenis  Judo, Taekwondo, Apkido, Sirum, dan Hon Sin Sul yang diadopsi dari Korea Selatan. “Dengan harapan bisa menambah dan meningkatkan profesional prajurit dalam melaksanakan tugas demi menjaga dan mempertahankan keutuhan NKRI,” ujar Danramil 11/Jati.

Latihan beladiri ini, kata Danramil. bukan untuk gagah-gagahan atau disalah gunakan, tetapi sebagai salah satu penguasaan diri untuk pencegahan dalam bentuk beladiri tindak kejahatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain yang terancam oleh tindakan kejahatan. “Karena tujuan penguasaan beladiri untuk perkelahian jarak dekat dengan mengedepankan ketepatan, kekuatan, kecepatan,” pungkas Danramil 11/Jati.

Dalam sejarahnya, beladiri Yong Moo Do ini sudah berkembang di negara Korea. Yaitu mulai 10 tahun yang lalu. Kemudian, beladiri jenis Yong Moo Do ini masuk dan berkembang ke Indonesia yang dibawa oleh TNI sejak tahun 2008.

Saat 2008, Yong Moo Do dikenalkan saat acara besar, yaitu HUT TNI. Oleh karena ini, Yong Moo Do sejak acara HUT TNI sampai saat ini menjadi salah satu beladiri wajib bagi TNI Angkatan Darat, salah satunya yang sudah digelar rutin di Kodim 0721/Blora dan umumnya di Jawa Tengah. (Red-HB13/Serda Sujono-Pendim 0721/Blora).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Beladiri Yong Moo Do Ditekuni Personel Kodim 0721 Blora Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora