Lokal

Harian Blora Mengucapkan di Tahun Politik 2018-2019 ini mari kita jaga perdamaian di Blora .

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Thursday, 19 March 2015

Wacana Museum dan Perpustakaan Samin Didukung Aktivis Blora



Pendopo Samin Blora. Foto: Harianblora.com.
Blora, Harianblora.com – Wacana pendirian Museum dan Perpustakaan Samin di Kabupaten Blora kini mendapat dukungan dari aktivis Blora. Wacana tersebut muncul karena dianggap Samin Surosentiko sebagai tokoh Blora yang harus diabadikan atau diuri-uri sebagai khazanah budaya di Blora.

Ketua Gerakan Pemuda Nusantara (GPN) Cabang Blora, Ahmad Fauzin, mendukung penuh jika Pemerintah Kabupaten Blora, Pemerintah Provinsi Jateng dan Kementerian mau mendirikan museum dan perpustakaan Samin Surosentiko di Blora. 

“Pokoknya saya mendukung penuh, masalah konsep terserah pemerintah, entah seperti perpustakan sekolah, perpustakaan keliling, perpustakaan instansi atau pun berbentuk taman baca masyarakat,” jelas dia kepada wartawan Harianblora.com, Kamis (19/3/2015).

Awalnya, wacana ini muncul saat Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan di Kampung Samin di Dukuh Karangpace, Desa Klopoduwur, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten† Blora, pada Sabtu 7 Maret lalu. Jokowi berpesan agar ada museum atau perpustakaan Samin di Blora.

Di Blora sendiri kan sudah ada Gedung Samin Surosentiko, kata Fauzin, nah ini sangat perlu lagi sebuah museum dan perpustakaan. “Perpustakaan ini sangat penting untuk meningkatkan budaya baca dan tulis, namun juga menjadi tempat riset bagi peneliti ajaran Samin Surosentiko,” beber dia.

Ini menjadi urgen, kata dia, sebab, di Blora sendiri juga sudah ada Perpustakaan PATABA sebagai ikon literasi dan khazanah sastra di Blora. “Setidaknya para aktivis sudah pro, kalau pemerintah peduli budaya dan kekayaan di Blora, saya kira ini segera direalisasikan,” beber dia.

Tak hanya itu, dukungan juga diungkapkan aktivis Lingkar Studi Mahasiswa (LISUMA) Cabang Blora. Ririn Haryani, mengatakan bahwa wacana pendirian perpustakaan maupun museum Samin Surosentiko sangat penting demi majunya wisata edukasi di Blora.

“Kalau masalah tempat, bisa di Pendopo Samin sendiri, tapi itu semua bergantung pemerintah. Tapi ini merupakan wacana sangat bagus dan harus didukung 100 persen,” ujar dia kepada Harianblora.com.

Terpisah, Wahyu Nugrono, SHI, MH, dosen di Universitas Sahid Jakarta yang juga warga Mlangsen Blora mendukung penuh jika ada gerakan melestarikan Samin Surosentiko. “Banyak ajaran Samin 
Surosentiko yang harus dikampanyekan kepada khalayak, terutama di kancah nasional,” beber dia kepada Harianblora.com.

Alumnus Pascasarjana Undip tersebut menilai, saat ini Blora menjadi pusat perhatian masyarakat. Terbukti, beberapa waktu lalu Gubernur Ganjar Pranowo dan Presiden Joko Widodo juga melakukan kunjungan di Kabupaten Blora.

“Nah, wacana mulia ini harus didukung, ya aktivis, ya tokoh masyarakat, juga LSM dan akademisi di Blora,” harap pria tersebut. (Red-HB34/Foto: Harianblora.com).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Wacana Museum dan Perpustakaan Samin Didukung Aktivis Blora Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora