Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Natal dan Tahun Baru 2018.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Tuesday, 31 March 2015

Solusi Bayi Sungsang Lahir Normal Tanpa Operasi Sesar



Blora, Harianblora.com - Bayi sungsang merupakan masalah besar dalam dunia kehamilan. Sebab, letak sungsang adalah posisi bayi kepalanya di atas dan bokongnya di bawah. Padahal normalnya posisi bayi adalah kepala di atas dan bokong di atas sebelum melahirkannya.
 
Sujud mengatasi bayi sungsang. Foto: Ciricara.com.
Akan tetapi, apakah ada solusi bayi sungsang lahir normal tanpa operasi sesar? Mari kita jawab bersama, sebab jika Tuhan mengizinkan, apa saja bisa terjadi.

Untuk itu, bagi Anda saat ini yang hamil atau pun akan hamil, perlu membaca tips, cara mengembalikan letak sungsang ke posisi normal atau perlu membaca kisah nyata bayi yang sungsang lahir dengan cara normal tanpa operasi sesar.

Kristina Candra, pegiat kesehatan dari STIKES Annur Purwodadi Grobogan, menjelaskan sebenarnya banyak keajaiban yang bisa saja terjadi pada bayi sungsang. “Bayi sungsang itu mitosnya bayi ajaib. Sebelum hitungan HPL, sebenarnya bayi sungsang bisa lahir normal tanpa operasi sesar,” ujar dia, Selasa (31/3/2015).

Kalau ingin memutar sebelum HPL, kata Kristina, maka ibu hamil harus rajin sujud dan minum air yang banyak. “Kalau minum air putih yang banyak, maka otomatis ketuban juga banyak. Jika ketuban banyak, maka bayi dengan muda berputar, terutama pada usia trisemester pertama,” beber perempuan tersebut.

Bayi Sungsang Lahir Tanpa Operasi Sesar
Sudah banyak fakta, kejadian dan pengalaman saya, katanya, yang menyaksikan sendiri bayi sungsang lahir tanpa operasi. “Ya ini memang masalah medis, dokter, bidan dan perawat juga manusia. Semua sudah diatur Tuhan. Tapai kalu  bayi sungsang lahir operasi sesar bisa dilakukan jika posisi lahirnya bokong dulu, bukan kaki dulu,” ujar dia.

Sebab, ujar dia, sebelum operasi kan harus di USG dulu, ibu hamil juga dirongsen dan dicek kondisi tubuhnya. “Sebelum lahir operasi juga harus ada persetujuan dari pihak suami untuk tanda tangan izin operasi dan bius,” jelas dia.

Intinya pada ibu hamil itu sendiri, lanjutnya, sebab hamil yang sungsang itu banyak yang membuat ibu hamil stres. “Bayi jangan dipaksa berputar, tapi ibu itu sendiri yang harus usaha kuat agar bayi tidak sungsang. Bahkan satu hari sebelum kelahiran banyak ibu hamil yang melahirkan normal meskipun jahitannya banyak, karena harus dijahit luar dalam,” tandas dia.

Sesar tidak sesar, katanya, bergantung pada usaha kuat dan usaha Tuhan. “Kalau terpaksa operasi, memang harus rela. Tapi jika usia masih di bawah 7 bulan, dan orang tua tahu kalau kondisi janin sungsang, maka harus usaha kuat. Ya sujud, minum air banyak, juga ikut senam hamil dengan maksimal. Insyaallah tidak akan sungsan dan bisa lahir normal. Yang penting ibu hamil tak boleh stres. Haram stres jika ingin lahir normal,”pungkas dia. (Laporan Khusus Redaksi Harianblora.com).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

1 comments:

  1. Aku gak mudeng masalah gituan, soalnya aku laki-laki bukan perempuan

    ReplyDelete

Item Reviewed: Solusi Bayi Sungsang Lahir Normal Tanpa Operasi Sesar Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora