Harianblora.com Mengucapkan Selamat Menjalankan Puasa Ramadan&Mengajak Warga Jaga Kesehatan&Memutus Penyebaran Corona

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.formacipress.com

Friday 20 March 2015

Hari Raya Nyepi 2015 Diperingati 21 Maret 2015 Dipastikan Aman



Blora, Harianblora.com – Bagi umat Hindu, kini mereka merayakan Hari Raya Nyepi 2015 yang diperingati 21 Maret 2015 pada hari Sabtu yang juga menjadi hari libur nasional. Hari Raya Nyepi juga disebut Tahun Baru Saka yang setiap tahun diperingati umat Hindu.

Jika umat Islam merayakan Hari Raya Idul Fitri, umat Kristen merayakan Hari Natal, maka umat Hindu merayakan Hari Raya Nyepi.

Banyak warga di Jawa Tengah yang beragama Hindu merayakan Hari Raya Nyepi 2015 ini dengan hati gembira. Bahkan di Bali, banyak umat Hindu memborong sembako untuk merayakan hari sakral tersebut.

Salah satu aktivis lintas agama, Budi Jusman, mengatakan perayaan apa saja di sekitar Jawa Tengah harus aman dan nyaman. “Kita kan memiliki kepercayaan masing-masing, jadi kalau mau hidup dalam bingkai perbedaan yang indah, maka momentum Nyepi tahun ini harus aman pula,” ujar dia kepada wartawan Harianblora.com.

Tidak hanya warga Blora, kata Budi, kan banyak saudara-saudara kita yang merayakan Hari Nyepi 2015 ini di Grobogan, Rembang, Pati, Kudus, juga umat Hindu Semarang. “Kita wajib menjaga kebersamaan, karena orang beragama dijamin negara, saya bisa memastikan kalau besuk Sabtu 21 Maret 2015 perayaan Nyepi di Jateng aman dan nyaman,” beber dia, Jumat (20/3/2015) malam.

Pokoknya, kata Budi, saya mengucapkan selamat Hari Raya Nyepi 2015. "Semoga Indonesia lewat momentum suci ini semakin baik," harapnya.
 
Nyepi, kata dia, adalah momentum umat Hindu untuk berbenah diri seperti halnya ajaran Hindu yang mengharuskan pemeluknya untuk memperbaiki kehidupan agar menjadi sejati dan bermakna. “Saya harap, semua warga Hindu di Jateng bisa damai dan merayakan Nyepi dengan kondisi bahagia dan pemerintah serta polisi bisa menjamin keamanan,” pungkas pria dari dua anak tersebut. (Red-HB29/Foto: Nyepi 2015).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Hari Raya Nyepi 2015 Diperingati 21 Maret 2015 Dipastikan Aman Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora