Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Tuesday, 24 March 2015

Wali Band, Grup Musik yang Dibentuk Ketika KKN di Blora



Siapa yang tidak kenal dengan Wali Band? Ya, sebenarnya band ini berdiri di Kabupaten Blora. Wali Band, grup musik yang dibentuk ketika KKN di Blora.  Band ini didirikan pada 31 Oktober 1999. Band ini merupakan salah satu Band yang memiliki sejarah berliku. Wali memiliki lima personil, yaitu Faank pada vokal, Apoy pada gitar, Tomi pada drum, Ovie pada keyboard dan synt serta Nunu pada bass.
 
Wali Band. Foto: Wali.
Wali yang memiliki vokal Farhan Zaenal Mutaqqin atau akrab disapa Faank ini merupakan salah satu band yang didirikan di Kabupaten Blora saat mereka Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Bumi Samin. Mereka adalah para mahasiswa yang pernah kuliah dan kemudian saat KKN di Blora mendirikan band yang dinamakan Wali.

Para personil Wali Band adalah mantan mahasiswa yang dulu pernah KKN di Blora. Mereka adalah Farhan Zaenal Mutaqqin atau Faank yang pernah belajar di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, kemudian Aan Kurnia atau Apoy yang juga mantan mahasiswa Manajemen Akuntansi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan Ihsan Bustomi atau akrab disapa Tomi yang memegang drum yang juga alumni S1 Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Shopi atau Ovie sang Keyboardist Wali yang lahir di Bogor, 03 November 1985 yang memiliki daftar riwayat pendidikan lulusan SMA.

Wali merupakan salah band di Indonesia yang mampu bertahan sering munculnya band-band baru dengan gebrakan dan lagu baru. Dalam rangka mempertahankan gempuran dan persaingan, Wali juga melakukan gebrakan dengan mengusung lagu-lagu bernuansa religius. Hampir sebagian besar lagu-lagu Wali bernuansa religi dan nuansa pesan moral kepada kawula muda.

Dengan keunikan tersebut, Wali mampur bertahan sampai sekarang seperti halnya band-band lain. Seperti band senior Slank, Iwan Fals, Gigi dan Kotak serta banda lain. Wali juga mampu bertahan seperti banda yang digemari kaum perempuan, seperti Ungu, Noah dan band-band lain.

Album Wali
Dalam sejarahnya, Wali sudah merillis beberapa album. Tercatat, album pertama Wali adalah Orang Bilang yang dirilis tahun 26 Maret 2008. Di album ini, ada beberapa lagu yang digemari kawula muda.

Lagu-lagu tersebut yang dirillis tahun 2008 ini meliputi Orang Bilang, Dik, Tetap Bertahan, Egokah Aku? Sahabat...Aku Cinta, Emang Dasar, Ku Bangga, Aku Bukan Taruhan, M.A.T.S dan lagu Aku Sakit.

Lagu berjudul Dik, dalam album ini menjadi andalan hit single. Bahkan, dalam medio Mei 2008, lagu ini pernah menjadi lagu kesukaan pecinta musik di Indonesia. Sebab, lebih dari 1 juta orang menggunakannya sebagai Ringbacktone (RBT).

Album kedua, Wali mengusung album bertajuk Cari Jodoh. Wali yang sebaian besar adalah lulusan pesantren tersebut, dalam album kedua mereka juga eksis dan naik daun. Bahkan di album ini, lagu berjudul Cari Jodoh dan Baik-baik Sayang mendapatkan rekor oleh Museum Rekor Indonesi (MURI). Sebab, dua lagu tersebut diunduh 8 juta lebih oleh masyarakat yang dijadikan sebagai RBT. MURI mencatat prestasi Wali ini sebagai rekor grup band yang RBT-nya diunduh tercepat dan terbayak.

Wali tercatat pernah mengeluarkan beberapa album, yaitu terdiri atas Orang Bilang (2008), Cari Jodoh (2009), Ingat Sholawat (2009). Sedangkan album studio, meliputi Orang Bilang dengan prestasi 1225.000 kopi Quadruple Platinum (4x Platinum), kemudian tahun 2009 Cari Jodoh dengan 117.550 kopi silver dan tahun 2009 Ingat Sholawat dengan 92.500 kopi.

Meskipun saat ini Wali tidak berdomisili di Blora, namun sejarah Wali Band, profil Wali Band, personil Wali Band perlu diteladani pemusik dan pemuda Blora pada umumnya. (Laporan Khusus Harian Blora).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Wali Band, Grup Musik yang Dibentuk Ketika KKN di Blora Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora