Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Santri Nasional. Semoga Kita Semua Mendapat Berkah dari para Kiai, Santri dan Ulama Nusantara.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Tuesday, 24 March 2015

Rumah Adat Samin Surosentiko Blora



Seperti halnya rumah warga Kabupaten Blora, Rumah Adat Samin Surosentiko Blora atau Rumah Adat Samin ini terkenal sangat sederhana. Meskipun sederhana, mereka tetap hidup rukun dan tidak pernah melakukan keburukan karena masih memegang teguh nilai-nilai dan ajaran Samin Surosentiko.


Berbeda dengan Rumah Adat Blora, Rumah Adat Samin Surosentiko Blora  memiliki beberapa ciri dan keunikan. Pertama; rumahnya sederhana. Sebab, berbahan dasar kayu, getingnya biasa dan dindingnya masih kayu bahkan masih ada sebagian yang berbahan dasar bambu atau dalam bahasa Jawa disebut gedhek (baca: Gedhek).

Kedua; alas Rumah Adat Samin Surosentiko masih sederhana karena beralaskan tanah. Ketiga; di rumah mereka juga ada makanan ternak seperti jerami atau dami dalam bahasa Jawa. Keempat; semua properti rumah sangat sederhana, ruang tamu, kursi, tempat tidur semua sederhana.

Rumah Adat Samin Surosentiko Blora sebenarnya tak jauh berbeda dengan Rumah Adat Samin Kudus, Rumah Adat Samin Pati, Rumah Adat Samin yang lainnya yang tersebar di Indonesia.

Jika Anda berkunjung ke perkampungan Samin, di Dukuh Karangpace, Desa Klopoduwur, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora, di sekitar Pendopo Samin atau di sekitar rumah Mbah Lasio, Anda akan menjumpai perkampungan Samin yang masih asri, berbalut pedesaan, alamiah dan bernuansa asri.

Rumah Adat Samin Surosentiko Blora merupakan salah satu rumah yang unik. Bahkan, beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo berkunjung ke perkampungan Samin yang berada di Klopoduwur Blora. Ini merupakan wujud bahwa Rumah Samin Surosentiko atau ajaran Samin masih dihargai dan dihormati manusia Indonesia, terutama Presiden Jokowi sebagai orang nomor satu di negeri ini. (Laporan Khusus Redaksi Harianblora.com).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Rumah Adat Samin Surosentiko Blora Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora