Lokal

Harian Blora Mengucapkan di Tahun Politik 2018-2019 ini mari kita jaga perdamaian di Blora .

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Thursday, 19 March 2015

Bupati Blora Djoko Nugroho Uji Coba Traktor Baru Bersama Komandan Kodim Blora



Blora, Harianblora.com – Bupati Blora Djoko Nugroho uji coba traktor baru bersama Komandan Kodim 0721/Blora Letkol Inf Ariful Mutaqin tak lama ini. Agenda tersebut digelar serangkaian dalam rangka meningkatkan swasembada pangan nasional.

Di lahan milik Bapak Jadi anggota Kelompok Tani  Rukun Makmur, Bupati Blora Djoko Nugroho dan Komandan Kodim 0721/Blora Letkol Inf Ariful Mutaqin melaksanakan Panen Raya Moderen PP3 atau padi pionir 3. Kelompok Tani Rukun Makmur, kini dipimpin oleh Suparjo yang lahannya dijadikan agenda panen raya oleh Bupati Blora yang berada di Desa Gabusan, Kecamatan Jati, Kabupaten Blora.

Di lahan seluas 100 Ha, dalam 1 Ha menghasilkan kurang lebih 10,5 ton tersebut, Bupati Djoko Nugroho didampingi petani langsung terjun ke sawah melakukan pengolahan sawah dengan uji coba mesin traktor baru yang dilaksanakan pada Rabu (18/3/2015).

Bupati menikmati traktor tersebut dan berkeliling sampai beberapa kali. Seperti halnya petani, Djoko Nugroho juga tampak melambaikan tangan seperti sudah seperti terbiasa mengoperasikan mesin traktor tersebut.

Tak hanya Bupati Djoko Nugroho, Letkol Inf Ariful Mutaqin selaku Komandan Kodim 0721/Blora yang didampingi petani juga melakukan hal yang serupa. Beliau terjun langsung ke sawah melakukan panen padi dengan uji coba mengoperasikan alat pemanen padi atau alat perontok padi Mini Combine Harverter. Komandan Kodim tampak beberapa kali berputar dan terlihat seperti sudah biasa mengoperasikan mesin tersebut.

Selain Bupati Blora dan Komandan Kodim Blora, agenda panen raya tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dintanbunnakikan Kab. Blora Ir. Reni Miharti, M. Agr, Bus, Asisten II Bapak Bondan, Pasiter Kodim 0721/Blora Kapten Chb Sudiyono. Tak hanya itu, hadir juga Camat Jati Hendi Purnomo, S.Sip, Danramil 11/Jati Kapten Chb M. Rifa’I, Kades se Kecamatan Jati, para Gapoktani se Kecamatan Jati, juga masyarakat serta tamu undangan yang lain.

Panitia penyelenggara agenda tersebut diapresiasi oleh Bupati Blora Djoko Nugroho. Bupati Blora berharap dengan terbantunya alat-alat mesin yang canggih, para petani bisa merawat dengan baik, agar mesin tersebut awet dan tahan lama.

Tak hanya itu, harapan Bupati Blora juga tertuju kepada para Gapoktani untuk selalu meningkatkan kerjasama dengan para pendamping penyuluh dan Babinsa jajaran Kodim 0721/Blora. Apalagi  secara resmi para Babinsa sudah diberi tugas sebagai pendamping para petani dalam pengawalan pencapaian Swasembada  pangan nasional.

“Terkait kurangnya air untuk pengairan sawah, akan diusahan pembuatan embung baru untuk penampungan air,” ujar Bupati Blora.

Ucapan terima kasih  kepada Bapak Bupati Blora dan Komandan Kodim 0721/Blora juga disampaikan oleh Ketua kelompok Tani Rukun Makmur Bapak Suparjo. Ia menyampaikan terima kasih karena kedua orang besar di Blora tersebut telah menyempatkan hadir dalam acara panen raya ini dan berkenan pula terjun langsung ke sawah melakukan uji coba mengoperasikan alat mesin bantuan dari pemerintah.

Semoga bisa menjadi contoh, kata dia, semangat dan motovasi masyarakat pada umumnya. “Menggunakan alat mesin, kami merasa diuntungkan, salah satunya menghemat tenaga, mempercepat kerja, dan biaya lebih ringan,” pungkas Suparjo. (Red-Harianblora.com/Pendim 0721/Blora).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Bupati Blora Djoko Nugroho Uji Coba Traktor Baru Bersama Komandan Kodim Blora Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora