Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Santri Nasional. Semoga Kita Semua Mendapat Berkah dari para Kiai, Santri dan Ulama Nusantara.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Thursday, 19 March 2015

Kualitas Pasir Muntilan Jawa Tengah Sekelas Pasir Dunia



Pasir Muntilan. Foto: Kompasiana.
Kualitas Pasir Muntilan Jawa Tengah dinilai sekelas pasir dunia. Tidak hanya untuk bahan baku bangunan ketika membuat rumah, namun pasir muntilan juga sangat kokoh, kuat dan tahan lama jika digunakan untuk bahan cor, beton atau pun cakar ayam.

Menurut Dhimas Agung Ramadhan, peneliti arsitektur dari Fakultas Teknik Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, pasir muntilan setelah diteliti memang sekelas pasir dunia dalam dunia pembangunan dan arsitek.

Selain pemborong, pasir muntilan memang diakui banyak peneliti dan arsitek rumah sebagai pasir yang kuat dan tahan lama serta anti runtuh. Biasanya, pasir kali biasa dari Semarang, Boyolali, Boja, lebih rentan hancur saat usia bangunan sudah 10 tahun lebih. "Dari penelitian kami, pasir muntilan jika saat mengaduknya dengan semen kok pas, ya air dan campuran gampingnya, pasir ini bisa bertahan sampai 75 tahun lebih," beber dia.

Kalau warga Jawa Tengah, seperti Semarang, Demak, Salatiga, Kudus, Blora, Pati mau buat rumah, kata Dimas, saya sarankan untuk memakai pasir muntilan jika ingin bertahan lama dan tidak nglotok.

"Harga Pasir muntilan memang mahal, tapi soal kualitas jangan kuatir," beber dia.

Harga Pasir Muntilan
Harga Pasir Muntilan sampai akhir 2014 memang melonjak. Apalagi saat ini banyak perumahan berdiri dan hampir di daerah-daerah ada perumahan. Harga pasir melonjak hingga Rp 200.000 per truk. Sebelumnya harga pasir Muntilan hanya Rp 1.300.000-Rp 1.500.000 per truk ukuran sedang.

Satu truk ini berisi sekitar 6-7 meter kubik. Sekarang, satu truk naik menjadi Rp 1.600.000-Rp 1.800.000. “Harga ini setahu saya sering berganti, kadang naik dan kadang juga turun,” tandas dia.

Menurut Dimas, pemborong Semarang, pemborong Demak, pemborong Kudus bahkan pemborong dari Cepu Blora sangat cocok menggunakan pasir muntilan dengan kualitas yang lumayan bagus dan harga terjangkau. "Kalau untuk daerah rawan banjir, longsor, rawan bergeser, sangat cocok menggunakan pasir muntilan," tukas dia.

Meskipun tiap daerah memiliki potensi pasir sendiri, kata dia, namun kualitas pasir muntilan lebih jos dan sudah terbukti kebenarannya. (Laporan Khusus Redaksi Harianblora.com).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Kualitas Pasir Muntilan Jawa Tengah Sekelas Pasir Dunia Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora