Lokal

Harian Blora Mengucapkan di Tahun Politik 2018-2019 ini mari kita jaga perdamaian di Blora .

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Thursday, 12 March 2015

Cinta Batu Akik Boleh, Tapi Jangan Berlebihan



Blora, Harianblora.com – Cinta batu akik boleh, tapi jangan berlebihan. Hal itu disampaikan Hadi Samsul Cahyono (34) pecinta batu akik di Kabupaten Blora. Menurutnya, demam batu akik di Blora, Grobogan, Demak, Kudus, Pati, Rembang sangat berbahaya jika masyarakat berlebihan.

“Kan ada pendapat, jika jahiliyah kuno dulu orang menyembah berhala, juga batu, bersama Latta, Manat, Hubal. Sekarang orang hidup di zaman jahiliyah modern dengan menyembah batu akik, batu intan, emas  dan permata,” ujarnya kepada Harianblora.com, Kamis (12/3/2015) siang.

Selama ini, demam batu akik di Jawa Tengah, lanjut Hadi, sudah ramai di media massa. “Bahkan saya dengar berita ada wacana MUI akan mengharamkan batu akik. Menurut saya ini kok ketakukan MUI karena masyarakat sudah berlebihan dalam mecintai batu akik,” beber pria dari dua anak tersebut.

Dalam Islam, kata dia, kan ada prinsip sebaik-baiknya sesuatu yang tengah-tengah. “Saya kira cinta batu akik itu boleh, wajar, namun kalau berlebihan dan sampai mengklenik-klenikkan batu akik, dengan motivasi tuah, kekuatan gaib, ya itu sudah berlebihan,” jelas dia.

Batu menurut saya ya batu, lanjutnya, namun tidak semua batu itu unik. “Ada batu yang memang unik, dan ada batu yang memang batu biasa. Saya sendiri cinta batu akik, namun hanya tak koleksi seperi Kecubung, Delima dan Bacan Dako,” tukas dia.

Akik itu, katanya, benda yang unik. “Namun dia secara fisik ya sama seperti batu, tidak memiliki kekuatan dan hanya sifatnya keras dan tidak bisa berbuat apa-apa, karena yang sakti itu ya cuma Tuhan,” tandas pengoleksi puluhan batu akik tersebut.

Kalau untuk menambah kekuatan, katanya, ya pakai saja batu akik di lima jari. “Kan untuk jotos orang jadi benjut dan pasti kuat,” ujar dia dengan guyon. (Red-HB28/Foto: Tempo).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Cinta Batu Akik Boleh, Tapi Jangan Berlebihan Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora