Lokal

Harian Blora Mengucapkan di Tahun Politik 2018-2019 ini mari kita jaga perdamaian di Blora .

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Tuesday, 17 March 2015

Latihan Kader III HMI Badko Jateng DIY Dihadiri Akbar Tanjung



Semarang, Harianblora.com – Latihan Kader III Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Badko Jateng-DIY Dihadiri Akbar Tanjung selaku senior dan juga mantan Ketua Umum PB HMI. Latihan Kader III ini berlangsung selama beberapa hari, yaitu mulai tanggal 7 Maret 2015 dan berakhir pada 15 Maret 2015 di Gedung Diklat LPPU Semarang.

Latihan Kader III atau advance training tingkat nasional ini merupakan agenda penting dalam proses perkaderan HMI. Sebab, sebelum mengikuti Latihan Kader III, kader HMI perlu mengikuti Latihan Kader I atau basic training, Latihan Kader II atau intermediate training dan senior course.

Secara umum, Latihan Kader III yang digelar tingkat nasional ini bertujuan terbinanya kader pemimpin yang mampu menerjemahkan dan mentransformasikan pemikiran konsepsional secara profesional dalam gerak perubahan sosial.

Dalam kesempatan tersebut, Dr Ir H Akbar Tanjung yang juga politisi senior berpesan kepada kader HMI agar tidak seperti Golkar. Mantan Ketua DPR RI tersebut mengakui, ada yang salah dalam kepemimpinan Golkar. “Ini artinya kesalahan strategi, dari masa Jusuf Kalla hingga Ical jumlah anggota DPR partai Golkar turun,” bebernya di hadapan peserta, Jumat (13/3/2015).

Di hadapan peserta, Akbar Tanjung berpesan kepada HMI agar tidak seperti partai berlambang pohon beringin tersebut karena ada kesalahan strategi. HMI jangan sampai salah strategi, kata Akbar, dalam menjalankan roda organisasi.

Kedatangan politisi senior Golkar tersebut, yaitu Akbar Tanjung ke Latihan Kader III ini didampingi beberapa pejabat dan aktivis. Selain didampingi Aminullah Yunus Ketua DPD Ampi Jateng yang juga mantan Ketua Umum HMI Badko Jateng DIY, Akbar Tanjung juga dikawal Moh. Hakim Junaidi, MAg Komisioner KPU Jawa Tengah yang juga mantan Ketua KPU Kota Semarang dan Khusnul Imanuddin Ketua Umum HMI Badko Jateng DIY.

Salah satu peserta Latihan Kader III, Aryo Permana Kurniawan, mengakui bahwa HMI adalah organisasi independen. “Ya, memang senior HMI banyak yang di partai seperti Bang Akbar, namun kita tetap memegang teguh independensi etis dan independensi organisatoris,” tukas pengurus HMI Badko Jateng DIY tersebut kepada Harianblora.com.

Akan tetapi, kata Aryo, HMI perlu belajar kepemimpinan, strategi dan taktik dalam berdemokrasi dari Golkar. “Ya belajar dari mana saja, kan banyak senior HMI yang jadi DPR, Ketua Parpol, Menteri, Dosen dan sebagainya. Itu semua kami timba ilmunya lewat Latihan Kader ini,” papar alumnus Undip tersebut.

Tahun ini, HMI Badko Jateng DIY berkesempatan menggelar Latihan Kader III tahun 2015. Kemungkinan besar, nanti juga digelar Latihan Kader III 2016, Latihan Kader III 2017, Latihan Kader III 2018, Latihan Kader III 2019, Latihan Kader III 2020 dan seterusnya bergantung kepengurusan selanjutnya. (Red-HB34/Foto: HMI/Harianblora.com).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Latihan Kader III HMI Badko Jateng DIY Dihadiri Akbar Tanjung Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora