Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha. Semoga Kita Semua Mendapat Berkah Qurban.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Sunday, 25 January 2015

Budidaya Waluh di Blora Sangat Mudah



Blora, Harianblora.com – Budidaya Waluh di Blora sangat mudah. Waluh atau orang Blora sering menyebutnya waloh, adalah salah satu tumbuhan yang berjenis “cucurbita” atau tumbuhan yang hidup merambat dari suku labu-labuan “cucurbitaceae”.

Di Blora sendiri, banyak sekali jenisnya, mulai dari waluh labu, waluh ketan, hingga waluh bagor yang berarti besar. Salah satu warga yang membudidayakan waluh adalah Suyono, warga Tambahrejo, Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora.

Selain hanya modal tanah dan lokasi, perawatannya pun mudah. Tak perlu menyirami dan juga memberi semprotan obat-obatan. Per buah, dijual sekitar Rp 10 ribu sampai 15 ribu. Biasanya dijual di pasar-pasar tradisional dan diiris-iris.

Dari segi jenis, waluh mencakup beberapa spesies anggota genus Cucurbita, yaitu C. argyrosperma, C. maxima, C. moschata, dan C. pepo. Di Indonesia, secara umum waluh hanya disebut “labu”.

Biasanya, selain digunakan untuk bahan sayuran atau jangan, waluh juga dimanfaatkan untuk kolak dengan campuran pisang dan lainnya. Waluh juga mengandung mengandung beta-karotena (salah satu provitamin A dan juga sebagai antioksidan).

Anda bisa memanamnya sendiri di pekarangan rumah. Cara mendapatkan bijinya juga mudah, bisa dengan cara mengeringkannya kemudian ditanam dan tinggal merawatnya hingga besar dan berbuah. (Red-HB09/Foto: Harianblora.com).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Budidaya Waluh di Blora Sangat Mudah Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora