Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Sunday, 25 January 2015

Penerapan Kurikulum 2013 dan KTSP di Blora Tak Ganggu Pembelajaran



Semarang, Harianblora.com - Penerapan Kurikulum 2013 dan KTSP di Blora tak ganggu pembelajaran, baik di tingkat SD, SMP, SMA dan sederajat. Sebelumnya, Mohammad Abduhzen Ketua Litbang PB PGRI telah menjelaskan di Kompas pada 05 Januari 2015 tentang kurikulum ganda. Ia menilai, pemikirian Mendikbud sejalan dan didukung Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang menyatakan problem implementasi Kurikulum 2013 merupakan lanjutan dari inkoherensi beragam unsur fundamentalnya.

Implementasi yang tidak koheren menghasilkan sebuah konsep operasional yang sukar dipahami, apalagi diterapkan. Pemberlakuan Kurikulum 2006 sekaligus Kurikulum 2013 pada semester ganda 2014/2015 merupakan jalan tengah Mendikbud untuk tak menghapus atau mengimplementasikan Kurikulum 2013 begitu saja. 

Menanggapi hal itu, Ahmad Muslih Ketua Lembaga Pengawas Pendidikan (LP2) Jawa Tengah mengatakan sebenarnya di mana saja lokasinya, asal gurunya siap, maka penerapan kurikulum apa pun tidak bermasalah. “Kemarin ada berita kalau SMA Negeri 1 Blora buku K13 belum datang, nah itu seharusnya menjadi pembelajaran, bahwa sekolah, guru, siswa harus siap dan jangan mengandalkan dari pemerintah,” ujarnya kepada Harianblora.com, Minggu (25/1/2015). Dalam catatannya, hanya sedikit sekolah di Blora yang menerapkan K13.

Kalau masalah teknis, ujarnya, letak kesuksesan tidak hanya pada buku, namun juga guru dan siswanya. “Kan bisa download buku di internet, memang pemerintah mau tidak mau harus mau dikatakan belum siap menerapkan K13, sehingga hal itu dihentikan Mendikbud Anies Baswedan,” paparnya.

Selaku aktivis LSM, Muslih menilai pemerintah memang suka ganti-ganti kebijakan tanpa melihat dampak negatif pelaksanaan dan implementasinya di kalangan bawah, terutama bagi guru.

Muslih berharap, apa pun kurikulumnya, guru-guru di Blora harus tetap kuat dan siap menjalankan proses pembelajaran. “Yang namanya guru kan sumber ilmu, jadi harus cerdas, dan jangan terlalu bergantung pada pemerintah,” pungkasnya. (Red-HB13/Foto: Harianblora.com).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Penerapan Kurikulum 2013 dan KTSP di Blora Tak Ganggu Pembelajaran Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora