Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Wednesday, 28 January 2015

Waw, Kawasan Pegunungan Kendeng Ditemukan Kandungan Emas



Bojonegoro, Harianblora.com – Kawasan Pegunungan Kendeng ditemukan kandungan emas oleh para penggali. Maka dari itu, saat ini Tim Geologi Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur meneliti potensi kandungan emas di kawasan Pegunungan Kendeng.
Banyak potensi kandungan emas yang berasal dari  Dusun Dangilo, Desa Hargomulyo, Kecamatan Kedewan.  Seperti yang dilansir Tempo.co, Rabu (28/1/2015), tanah ini akan diuji di laboratorium untuk membuktikan kebenaran kandungan emas tersebut.

Berawal dari informasi Jumaidi dan 5 temannya, maka akan digelar penelitian. Awalnya, Jumadi dan temannya menggali tanah di pinggir Sungai Galing. Sungai ini masih masuk dalam wilayah Kesatuan Pemangkuan Hutan Perhutani Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Saat itu, Jumaidi tengan menggali tanah dan mencapai kedalaman 35 meter, ia menemukan serbuk berwarna kuning keemasan.

Kemudian, Jumaidi mengayak serbuk itu dan mencampurnya dengan air. Setelah itu, ia mengumpulkan butiran itu berwarna kuning, dan ternyata adalah emas. Sebelumnya, Jumadi sudah memiliki pengalaman bekerja di dua tempat, yaitu di tambang emas di Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Maka tidak heran, jika ia bisa mendeteksi bahwa serbuk yang kemudian ia ayak itu adalah emas.

Setelah pendudukan mengetahui kabar bahwa Jumaidi menemukan emas, maka penduduk Kedewan geger dan ramai. Setelah itu, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Bojonegoro merespons dengan menerjunkan geolog.

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Bojonegoro Agus Supriyanto mengatakan penelitian kandungan tanah galian Jumadi dilakukan di laboratorium PT Sucofindo. "Tanahnya sedang kami teliti," paparnya pada Rabu, (28/1/2015).

Pihaknya mengatakan, bekas galian sedalam 35 meter akan terus digali hingga kedalaman minimal 50 meter. Agus juga tidak memungkiri, bahwa sebagian tanah Pegunungan Kendeng utara memiliki potensi kandungan batuan dan logam. (Red-HB34/Foto: Tempo).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Waw, Kawasan Pegunungan Kendeng Ditemukan Kandungan Emas Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora