Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha. Semoga Kita Semua Mendapat Berkah Qurban.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Friday, 30 January 2015

PAUD di Blora Harus Utamakan Belajar Sambil Bermain



Blora, Harianblora.com - PAUD di Blora harus utamakan prinsip belajar sambil bermain. PAUD, TK, Play Group (PG), harus mengutamakan prinsip belajar sambil bermain. “Merampas hak anak untuk tidak bermain itu berdosa,” ujar Ahmad Fauzin dalam diskusi bertajuk Menyemai PAUD, Generasi Emas pada Jumat (30/1/2015). Ya belajar, katanya, ya bermain. "Ya bermain, ya belajar. Keduanya bagaikan suami istri yang tak bisa dipisahkan," jelas dia.

Diskusi yang digelar oleh Lingkar Studi Mahasiswa (Lisuma) Cabang Blora ini juga dihadiri beberapa aktivis dan mahasiswa Blora. Selain mengajarkan membaca, menulis dan berhitung (calistung), katanya, bermain sambil belajar dan belajar sambil bermain menjadi cara tepat untuk meningkatkan kecerdasan anak. “Itu merupakan konsep pembelajaran yang harus diterapkan pada pendidikan dasar, baik tingkat PAUD, SD dan MI,” ujar guru muda tersebut.

Senada dengan itu, Lina Aryanti, selaku moderator juga mengakui, anak adalah aset bangsa yang harus disemai sejak dini. “Sejak dirintis pada 1953 dan menjadi TK pada 1965, metode mengajarkan anak untuk bermain dan bermain itu pun ajek berlaku hingga sekarang,” bebernya.

Dalam diskusi yang digelar di Blora ini juga dihadiri beberapa perwakilan guru-guru PAUD dan TK. Hadir pula perwakilan pengurus Lisuma Jawa Tengah dan beberapa pengurus Lisuma Cabang Blora yang lain.

PAUD atau TK, katanya, harus konsekuen untuk tidak mengajarkan calistung di tengah membanjirnya PAUD modern yang justru tampil lebih menjual dengan mengajarkan metode calistung. “Paling penting ya bermain sambil belajar, tidak sekadar calistung saja,” tukasnya.

Semua PAUD di Blora, ujar dia, kami harap memahami konsep pembelajaran anak usia dini. “Kak Seto pun dalam bukunya menjelaskan, guru TK atau PAUD haram merampas hak-hak anak untuk bermain. Karena usia mereka ya usia bermain,” jelas dia.

Selain itu, tambahnya, anak PAUD itu berbeda dengan SMP, SMA dan mahasiswa. “Jadi, orang tua juga harus memahami kebutuhan dasar anak usia PAUD/TK, yaitu kebutuhan bermain yang tidak bermain saja, namun juga perlu permainan edukatif,” pungkas perempuan tersebut. (Red-HB27/Foto: PAUD).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: PAUD di Blora Harus Utamakan Belajar Sambil Bermain Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora